Inilah Sosok Manu Kumar Jain, Direktur Baru Xiaomi Suksesor Hugo Barra!

0
686
Manu Kumar Jain
Copyright©indianexpress

Inilah Sosok Manu Kumar Jain, Direktur Baru Xiaomi Suksesor Hugo Barra!

Smeaker.com – Pasca keluarnya Hugo Barra dari Xiaomi, vendor asal tirai bambu tersebut memang tak secara langsung mendapatkan sosok penggantinya. Barra memang diakui berperan penting dalam membantu mengelola Xiaomi hingga lebih baik.

Namun, pihak Xiaomi juga terus berupaya dalam mencarikan pengganti sesegera mungkin. Hal itu terbukti dari waktu yang telah berjalan sekitar kurang dari sebulan setelah Hugo Barra memutuskan untuk hengkang. Xiaomi diketahui mempromosikan Manu Kumar Jain untuk menempati jabatan sebagai salah satu eksekutif perusahaan. Kabar ini mengakhiri simpang siur sosok pengganti Barra.

Kemungkinan besar dari isu ini, kedatangan Manu Kumar Jain akan menempati jabatan sebagai Vice President Xiaomi, menggantikan posisi Barra.

Tak hanya mengemban peran pada posisi terbarunya, Jain diketahui akan tetap bertanggung jawab sebagai VP sekaligus Managing Director Xiaomi India. Sebelumnya, ia telah menempati jabatan sebagai Head of Xiaomi India sejak perusahaan memasuki negara tersebut pada Mei 2014. Menariknya lagi, Manu Kumar Jain tercatat sebagai salah satu pendiri e-commerce fashion asal India, Jabong. Hal itu diketahui dari profil LinkedIn miliknyanya.

Manu Kumar Jain
Copyright©indianexpress

Dibawah kepemimpinannya, bisnis Xiaomi di India bertransformasi dari sebuah perusahaan kecil menjadi produsen ponsel terbesar kedua selama dua tahun berturut-turut. Jain juga diketahui memberi ucapan selamat atas penunjukkannya sebagai VP Xiaomi. Hal ini merupakan pertama kali yang dilakukannya dan diketahui dari cuitan akun Xiaomi India.

“Selamat @manukumarjain dari seluruh keluarga Xiaomi atas promosi sebagai Vice President Xiaomi”.

Sejumlah pengamat bisnis menilai bergabungnya Jain ke dalam jajaran direksi mengindikasikan peran India sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan penting bagi Xiaomi. Semua ini juga tanpa alasan jika eksekutif kemudian memilih Manu Kumar Jain. Karena semua ini juga dengan melihat peran dan kontribusi India terhadap pertumbuhan bisnis Xiaomi secara global.

“Jain akan tetap menjadi ujung tombak operasional di India, selain itu dia juga akan terlibat untuk semua kegiatan di negara itu seperti perjualan, purna jual, dukungan konsumen, manufaktur, dan sebagainya,” ungkap juru bicara Xiaomi.

Baca Juga iPhone Terbaru Bakal Usung Layar Seluas 5 Inci?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here