Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy A3 (2017), Tengok Yuk!

0
8588
Samsung Galaxy A3 (2017)
Copyright©gsmarena

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy A3 (2017), Tengok Yuk!

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy A3 (2017)

Smeaker.com – Samsung kembali merombak perangkatnya pada lini Galaxy A yang telah dikeluarkan di tahun yang lalu. Keluarga Galaxy A mulai tampak kembali, yang beberapa kali ini mulai dikabarkan bahwa keberadaannya mulai resmi diluncurkan di tanah air. Ketiga seri tersebut ialah Galaxy A3 2017, Galaxy A5 2017, dan Galaxy A7 2017.

Dengan penambahan kata “2017”, itu berarti telah ada perubahan yang terjadi. Samsung memberikan pembaharuan untuk seri tersebut. Jika melihat pada kemunculannya di tahun silam, smartphone tersebut terlihat apik. Lalu seperti apa menariknya, untuk perilisan terbaru di tahun 2017 ini?

Pasti penasaran sekali dengan seri Galaxy A terbaru 2017 kan? Untuk itu, smeaker mencoba menguak seperti apa jeroan dari smartphone ini. Jika membahas ketiganya, sepertinya akan akan mengulur banyak waktu. Tentu membosankan bukan?

Nah, oleh karena itu dalam pembahasan kali ini mengambil salah satu dari ketiga ponsel pintar Samsung. Yuk, tengok seperti apa Kelebihan dan Kelemahan untuk Galaxy A3 (2017)!

Samsung Galaxy A3 (2017) membawa konektivitas dengan teknologi yang saat ini merupakan yang paling canggih yaitu 4G LTE. Dengan dilengkapi dua pilihan slot yaitu single dan dual SIM card maka kebutuhan untuk kemudahan berkomunikasi menjadi lebih efisien.

Soal tampilan, baik dalam segi desain dan bodi masih tidak terpaut jauh dengan Galaxy A3 versi 2016. Hal ini tentu saja karena untuk seri Galaxy A3 2017 ini hadir sebagai generasi pembaruan. Sehingga untuk fisik, tak terlalu banyak berubah. Meskipun untuk dimensi secara detailnya masih belum diumumkan, namun apabila berkaca dari versi sebelumnya memang menjadi salah satu ponsel paling ramping yang pernah dibuat oleh Samsung sehingga untuk pengoperasiannya menjadi sangat nyaman.

Membawakan desain yang khas dengan sentuhan mewah tentu saja Samsung Galaxy A3 2017 ini akan semakin tampil percaya diri. Smartphone ini mengusung sektor display dengan teknologi layar super AMOLED berukuran 4.7 inci. Dengan teknologi layar yang membawakan resolusi HD 720 x 1280 pixels dengan kerapatan 312 ppi, tentu saja layar mungil ini akan membawa kawan pengguna untuk menikmati pemandangan layar berkualitas tinggi.

Terlebih lagi, layar pada smartphone ini dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass. Sehingga perangkat akan lebih aman dengan perlindungan tersebut saat mengalami benturan maupun goresan.

Apabila versi sebelumnya menggendong chipset Snapdragon 410 dengan processor Quad-core, maka kali ini Samsung lebih menggunakan chipset Exynos 7870 Octa yang akan digunakan untuk Galaxy A3 2017 ini. Selebihnya akan didukung dengan kekuatan pada ruang olah data akan semakin tangguh karena ditenagai oleh processor Octa-core 1.5 GHz dan didukung dengan kapasitas RAM 2 GB.

Dukungan komponen tersebut tentu saja membuat Galaxy A3 2017 ini memungkinkan untuk menjalankan beberapa proses secara bersamaan atau multitasking bahkan untuk aplikasi dengan kebutuhan memori yang besar. Soal pengolah grafisnya, Samsung percayakan pada GPU Mali-T830MP2 yang akan memberikan tampilan grafis berkualitas tinggi untuk menjalankan game juga video dengan kualitas Full HD.  Sistem operasi yang dijalankan yakni menggunakan versi Android OS, v6.0.1 (Marshmallow).

Untuk sektor fotografinya, Samsung menampilkan yang berbeda dengan yang meluncur di tahun 2016 lalu. Samsung kali ini membekalkan smartphone terbarunya dengan perangkat kamera yang cukup berkualitas. Dibekalkan kamera utama yang berukuran 12 MP lengkap dengan autofocus dan LED flash. Sehingga hasil jepretan Samsung Galaxy A3 2017 ini akan dihasilkan dengan kualitas yang tajam serta pencahayaan yang sangat maksimal.

Samsung Galaxy A3 (2017)
Copyright©gsmarena

Lalu, untuk memenuhi dokumentasi dengan sentuhan-sentuhan fotografi modern, Samsung juga menyematkan berbagai fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection dan panorama. Sebagai perangkat modern, smartphone ini juga memiliki kamera depan atau kamera sekunder berukuran 8 MP untuk memenuhi kebutuhan foto selfie juga video call dengan hasil maksimal.

Samsung Galaxy A3 (2017) di suplai dengan baterai Non-removable Li-Ion 2350 mAh battery. Nah, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari table dibawah berikut.

Review Spesifikasi Samsung Galaxy A3 (2017)

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
LAUNCH Announced 2017, January
  Status Available. Released 2017, January
BODY Dimension 135.4 x 66.2 x 7.9 mm (5.33 x 2.61 x 0.31 in)
Weight 135 g (4.76 oz)
SIM Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

– Samsung Pay
– IP68 certified – dust proof and water resistant over 1.5 meter and 30 minutes

DISPLAY Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size 4.7 inches (~67.9% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~312 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass (unspecified version)

– Always-on display

PLATFORM OS Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Chipset Exynos 7870 Octa
CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
  GPU Mali-T830
MEMORY Card Slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot) – single SIM

microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) – dual SIM

Internal 16 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, f/1.9, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama
Video [email protected]
Secondary 8 MP, f/1.9
SOUND Alert Types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm Jack Yes

– Active noise cancellation with dedicated mic

COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS/ BDS (market dependant)
NFC Yes
Radio FM Radio
USB Type-C 1.0 reversible connector
FEATURES Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No

– ANT+ support

– MP4/WMV/H.265 player

– MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player

– Photo/video editor

– Document viewer

BATTERY   Non-removable Li-Ion 2350 mAh battery
MISC Colors Black Sky, Gold Sand, Blue Mist, Peach Cloud

Kelebihan Samsung Galaxy A3 (2017)

  • Tampilan yang lebih stylish dengan body metal dengan lapisan Corning Gorilla Glass.
  • Dilengkapi dengan konektivitas super cepat dengan 4G LTE untuk support akses internet. Sehingga, akses internet lebih gesit.
  • Didukung dengan fitur keamanan yang sangat tinggi dengan Fingerprint Scaner
  • Memiliki sertifikasi IP68 yang mampu tahan air dan debu yang cocok dalam kondisi cuaca ekstrim. Jadi, dengan fitur ini pengguna dinyamankan dengan perangkat apabila saat hujan atau menyentuh air.
  • Berjalan dengan versi Andoid OS V6.0 Marshamllow dengan sentuhan TouchWiz UI yang membuat tampilan antar muka lebih bagus dan didukung banyaknya aplikasi terbaru
  • Memiliki prosesor lebih cepat dengan Octa-core 1.5GHz, Chip Exynos yang membuat peforma sangat lancar dan lebih tangguh.
  • Kamera belakang 13MP, LED flash, dan perekam video 1080p yang sangat sempurna untuk mengabadikan momen penting anda disetiap waktu
  • Kamera depan 8MP, LED flash yang sangat sempurna untuk foto selfie didalam keadaan minim cahaya sekalipun.
  • Memori internal sangat besar dengan 16GB dan 2GB RAM yang mampu memberikan ruang kosong lebih luas dan saat multitasking lebih lancar.
  • Disokong dengan baterai 2350 mAh.

Kelemahan Samsung Galaxy A3 (2017)

  • Tidak dilengkapi dengan Fast Charging, yang mana bisa membantu pengisian baterai agar lebih cepat.
  • Model baterai Non-removable, artinya tertanam didalam perangkat.
  • Resolusi layar hanya sebatas HD (720), yang menghasilkan kerapatan ~267 ppi. Sehingga warna yang dihasilkan pun juga kurang tajam.

Harga Samsung Galaxy A3 (2017)

Hadir dengan teknologi layar super AMOLED dengan lapisan Corning Gorilla Glass, smartphone ini dipatok harga Rp. 3.999.0000.-. Kelebihan lain adalah sudah memiliki sertifikat IP68 yang artinya tahan air dan debu.

Baca Juga Harga Samsung Galaxy Tab 3V Terbaru Februari 2017 dan Spesifikasi, Tablet KitKat Harga Sejutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here