Tak Kuasa Lawan Apple, Saham Nokia Malah ‘Jeblok’ Sendiri?

0
830
nokia
Copyright ©theprestige

Gagal Lawan Apple, Saham Nokia Justru Merosot!

Smeaker.comKekuasaan Apple kembali memakan korban, kali ini Nokia yang dikabarkan mengalami kerugian lantaran gagal bersaing dengan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Dari laporan terbaru yang ada, Nilai saham Nokia dikatakan mengalami penurunan hingga 5 persen. Setelah sebelumnya Nokia berselisih paham dengan Apple, lantaran penggunaan hak paten milik perusahaan asal Finlandia tersebut.

Merosotnya nilai saham Nokia sendiri sebelumnya juga dikatakan telah diprediksi oleh seorang analis. Analis itu menyebutkan, jika perang paten dengan Apple itu bisa menunda pembayaran royalti selama bertahun-tahun. Padahal, pembayaran tersebut adalah salah satu sumber pendapatan dari Nokia sendiri.

Perselisihan antara Nokia dan Apple itu sendiri bermula dari hampir berakhirnya kontrak lisensi paten, antara Nokia dan Apple. Hal itupun akhirnya membuat kedua pihak memilih untuk mengambil langkah hukum, karena saling merasa dicurangi.

Nokia menuduh Apple melanggar sejumlah paten teknologi miliknya, sementara sang raksasa Apple sendiri menganggap Nokia mematok biaya penggunaan paten yang terlampau tinggi pada perjanjian kontrak penggunaan patennya yang baru.

nokia vs apple
Copyright ©todaysiphone

Tak tanggung-tanggung, Nokia pun dikabarkan mengajukan tuntutan hukum dengan mendaftarkan 40 paten di 11 negara terhadap Apple. Tuntutan tersebut meliputi teknologi yang digunakan di layar, software, serta chipset yang digunakan Apple saat ini.

Dalam sebuah pernyataan yang dilontarkannya, Ikka Rahnasto selaku Head of Nokia Patent Business mengatakan, jika Nokia selama ini telah banyak berkontribusi terhadap berbagai teknologi fundamental yang digunakan di berbagai perangkat mobile saat ini, termasuk juga produk buatan Apple. Namun, setelah bernegosiasi beberapa tahun demi mencapai persetujuan untuk kedua belah pihak menutupi penggunaan paten ini oleh Apple. Kini, Nokia pun akhirnya memilih mengambil aksi untuk melindungi hak-hak mereka.

Sementara itu, seperti yang dilaporkan sebelumnya, sejatinya pendapatan Nokia dari royalti paten itu pun bisa dibilang sangat sedikit, jika dibandingkan dengan pendapatannya dari penjualan berbagai macam perangkat jaringan telekomunikasi, yakni hanya berkisar 10 persen. Namun, pembayaran lisensi ini sangatlah menguntungkan untuk saat ini, terutama kala bisnis perangkat jaringan besutan Nokia tengah mengalami penurunan.

Baca Juga : Inilah 6 Fitur Keren Milik Smartphone Flagship Nokia P1 yang Patut Kamu Ketahui!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here