FB Dituduh Plagiat Fitur-Fitur Menarik Snapchat, Ini Buktinya!

0
771
facebook
Copyright ©linkedin

Persaingan Memanas, FB Disebut Jiplak Karya Snapchat?

Smeaker.comDalam upayanya bersaing dengan Snapchat, media sosial biru besutan Mark Zuckerberg, Facebook alias FB mulai menghadirkan berbagai fitur yang bahkan dikatakan mirip dengan yang dimiliki sang pesaingnya tersebut. Kendati demikian, ada pula yang menyakini jika hal tersebut dilakukan FB lantaran gagal mendapatkan Snapchat dengan tawaran hingga USD 3 miliar atau setara Rp 40,5 triliun.

Selain itu, seperti yang dilaporkan laman Business Insider, Senin (26/12). Sejumlah aplikasi milik FB seperti halnya Instagram, Messenger, WhatsApp, hingga aplikasi FB pun bahkan mempunyai sejumlah fitur yang mirip. Lantas, fitur apa saja yang dikatakan telah ‘dijiplak’ oleh FB dari Snapchat?

  1. FB Akuisisi MSQRD

Indikasi pertama yang menyatakan niat FB untuk kian mirip dengan Snapchat, ialah dengan membuat langkah mengejutkan dengan mengakuisisi aplikasi Masquerade (MSQRD). Menggunakan aplikasi ini, memungkinkan dua orang untuk menukar wajah atau menggunakan berbagai filter lainnya. Fitur tersebut dikatakan mirip dengan fitur Lenses yang sebelumnya telah dipunyai Snapchat.

  1. Kemampuan Menambah Teman Dengan Memindai QR Code

Seperti halnya Snapchat, FB bahkan juga menambahkan fitur anyar pada aplikasi Messenger besutannya. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan pemindaian kode QR yang dimiliki pengguna lain. Sehingga, secara otomatis kedua pengguna bisa langsung menjadi teman dengan mudah.

facebook
Copyright ©linkedin
  1. FB Munculkan Fitur ‘Dissapearing Message’

Pada bulan Mei 2016 lalu, FB secara mengejutkan meluncurkan sebuah fitur baru pada aplikasi Messenger buatannya yang memungkinkan pesan yang terkirim bakal secara otomatis menghilang  pada jangka waktu tertentu. Padahal, sebelumnya Snapchat juga telah memperkenalkan unggahan yang dibatasi waktu, yakni selama 24 jam dimana unggahan bakal secara otomatis menghilang.

  1. Instagram Stories

Pada Agustus lalu, FB menghadirkan fitur bertajuk Instagram Stories pada aplikasi berbagi foto dan video andalannya, Instagram. Banyak yang menganggap, jika Instagram Stories tersebut merupakan tiruan yang sangat identik dengan layanan yang ditawarkan Snapchat, dimana unggahan juga bakal otomatis menghilang dalam jangka waktu 24 jam.

  1. Fitur Kamera Pada WhatsApp

Terakhir, tak hanya pada Instagram dan Messenger, FB bahkan juga menyuguhkan fitur kamera yang mirip Snapchat pada aplikasi perpesanan WhatsApp. Menggunakan fitur tersebut, para pengguna akan dapat mengambil foto pada kamera WhatsApp dan menambahkan kreasi dengan berbagai stiker, teks, maupun doodle serta mengirimkannya pada pengguna lainnya.

Baca Juga : Kembali Siapkan Amunisi Baru, FB ‘Tantang’ Snapchat Dengan Hadirkan Lifestage

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here