Begini Lho Caranya Memberantas Berita Palsu ‘Hoax’ Di FB !

0
1086
Facebook
Copyright©sosial

Begini Lho Caranya Memberantas Berita Palsu ‘Hoax’ Di FB !

Smeaker.com – Kabar terbaru dari jejaring sosial, Facebook. Keberadaannya kini tidak hanya mampu memberikan layanan seperti menulis status dan sebagainya. Setelah dikabarkan telah memiliki fitur canggih seperti Parents Portal, yang merupakan fitur tambahan yang diberikan Facebook kepada seluruh orang tua dalam melindungi anak-anak mereka.

Kabar lain juga menjadi berita terhangat saat ini, bagaimana cara memberantas berita palsu (Hoax) yang marak beredar? Facebook hadir untuk mencari solusinya.

Gambaran tentang apa yang tengah dikerjakannya saat ini telah dibeberkan jejaring sosial terpopuler ini beberapa minggu lalu, salah satunya ialah cara mengatasi berita palsu atau Hoax.

Dengan rancangan beberapa fitur yang telah disiapkan olehnya, Facebook juga menegaskan akan memberantas berita-berita palsu tersebut sebagai salah satu komitmen. Ada empat langkah yang rencananya akan diambil untuk memperbaiki pengalaman para pengguna, namun dalam uji coba tersebut akan menimbulkan hal-hal yang tidak ramah lagi terhadap Facebook, seperti adanya proses trial maupun eror.

Facebook
Copyright©sosial

Empat langkah awal tersebut yakni, sebagai berikut:

  1. Proses pelaporan yang lebih mudah

Langkah ini bisa anda gunakan dengan cara mengkliksudut kanan atas dalam sebuah postingan. Dengan cara ini, Facebook bisa dengan mudah mendeteksi berita palsu lebih banyak. Bahkan, Facebook juga bergantung kepada pengguna dalam membantu mengatasi permasalahan ini.

  1. Kerjasama dengan pihak pengecek fakta

Pada langkah ini, Facebook bekerjasama dengan organisasi pihak ketiga untuk mengecek fakta, yakni dengan International Fact Checking Code of Principles di Poynter. Dalam hal ini, dalam penyediaan konteks yang lebih baik dalam bertukar pendapat. Karena hal ini bisa menolong banyak orang dalam mengambil keputusan mengenai apa yang bisa mereka percaya dan apa yang bisa mereka bagikan.

  1. Menekan pembagian berita palsu

Uji coba yang dilakukannya yakni untuk membuat semacam algoritma yang bisa menilai sebuah berita ada unsur hoax atau tidak.

  1. Memutus insentif finansial penyebar berita palsu

Dari apa yang telah diketemukan oleh Facebook, ternyata ada motif finansial dibalik berita palsu tersebut. Oleh karena itu, Facebook memberikan rancangan terbaru yang bisa bermanfaat sekali, terutama untuk mengurangi insentif finansial ini.

Facebook juga telah mengeliminasi kemampuan pembelian bagi domain yang sifatnya menipu.

 Baca Juga Aplikasi Ini Sukses Diakui FB Saat Menjadi Pemenang Dalam Acara Bertajuk “Facebook Indonesia Developer Challenge”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here