Makin Merebak Jelang Pilkada DKI, Berita Hoax di FB Kini Sudah Berani Catut Nama Situs Berita Resmi!

0
739
fb
Copyright ©manage-your-reputation

Himbauan Untuk Tingkatkan Kewaspadaan, Berita Hoax di FB Sudah Berani Catut Nama Situs Resmi !

Smeaker.comBerita Hoax alias palsu tampaknya kian gencar menyebar di dunia maya, khususnya FB. Pengguna FB pun tak jarang tertipu dan banyak membantu penyebarannya di media sosial biru besutan Mark Zuckerberg tersebut.Parahnya, untuk memberikan kesan jika informasi tersebut didalamnya benar-benar fakta, pembuat berita palsu di FB bahkan kini telah berani untuk mencantumkan nama sumber terpercaya di preview artikel yang dibagikan melalui FB.

Dari pengamatan pada Minggu (11/12) misalnya, ditemukan seorang pengguna FB yang membagikan sebuah artikel mengenai Gubernur DKI Jakarta yang saat ini Non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Judul dan kepala artikel pada preview tersebut terkesan jika Ahok tersebut melakukan perbuatan yang belum pernah terjadi.

Pada bagian bawah, tertera nama website ‘Kompas.com’. Padahal, jika pengguna FB meng-klik tautan yang dibagikan tersebut, mereka tak akan dibawa ke situs tersebut, melainkan laman lainnya. Dari situlah, informasi yang terdapat dalam situs lain itu pun banyak diragukan tentang kebenaran faktanya.

fb
Copyright ©kompas

Menyikapi insiden pencatutan nama sumber berita resmi dalam artikel palsu itu pun, ternyata juga sempat mendapatkan sorotan dari para pengguna FB lainnya. Melalui sebuah postingan yang diunggah sebagai sindiran, dia membagikan artikel mengenai presiden AS terpilih, Donald Trump.

Nama sebuah portal berita besar lainnya tercantum di bawah judul dan Lead artikel tersebut. Seperti sebelumnya, begitu tautan tersebut di-klik, link justru membawa pengguna FB ke laman website lain terlepas dari nama situs yang tercantum pada judul dan lead yang ditampilkannya di FB.

Guna mewanti-wanti para pengguna FB, dalam link tersebut pun disisipkan sebuah pesan yang berbunyi “Berhati-hatilah, jangan share berita yang belum tentu kebenarannya, cek dan telusuri terlebih dahulu”.

Baca Juga : Inilah 3 Cara Jitu Dapatkan Kerja Lewat Medsos FB dan Twitter!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here