Kantongi Sertifikasi TKDN Smartphone 4G, Apple iPhone 7 Kini Sudah ‘Halal’ Dijual di Tanah Air!

0
2074
iPhone 7
Copyright ©cakdan

Dapatkan Sertifikasi TKDN Smartphone 4G, iPhone 7 Bakal Meluncur di Indonesia Dalam Waktu Dekat?

Smeaker.comUntuk anda yang meggemari perangkat iPhone buatan Apple, tentunya tahu jika selama ini kebanyakan produk Apple seperti iPhone 7 yang dipasarkan di Indonesia adalah produk ilegal. Namun, belakangan beredar kabar jika hal tersebut tak akan lagi menjadi masalah untuk para Fanboy Apple di Tanah Air.

Pasalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sub Direktorat Jenderal Pos dan Informatika (Postel) mengumumkan jika ada 13 produk Apple termasuk iPad dan iPhone 7 telah mendapatkan TKDN smartphone 4G.

iPhone 7 posisinya memang sudah dikeluarkan sertifikasi TKDN smartphone 4G, tahap ini sudah koordinasi dulu dengan Kemenperindag (Kementerian Perindustrian dan Perdagangan)”. Ungkap Kepala Sub Direktorat Postel Kemkominfo, disela-sela sebuah acara peresmian pembangunan pabrik ketiga Axioo di Cakung, Jakarta.

Ia menjelaskan, jika alur skema penerbitan sertifikasi tersebut adalah koordinasi dari kemenperindagnya keluar sertifikasi TKDN-nya melalui jalur investigasi. Dalam hal ini, Rudi menjelaskan “Iya jalur yang ditempuh oleh Apple untuk pemenuhan TKDN smartphone 4G ini adalah Investasi sebesar 30 persen”.

iPhone 7
Copyright ©infokomputer

Sementara itu, penerbitan sertifikasi TKDN smartphone 4G juga dikatakannya sudah sesuai dengan aturan dari Permen No.27. Penetapan komposisi skemanya ialah 20 persen untuk tahun 2015, lalu meningkat ke tahun 2016 san 2017 menjadi 30 persen. Menurutnya, setelah keluarnya sertifikasi tersebut, secara tak langsung juga menjadi pertanda jika pihak Apple sekarang sudah mulai mendapatkan kata resmi untuk memasukkan produknya ke pasar Indonesia. Termasuk perangkat ponsel pintar terbarunya, iPhone 7.

Meski demikian, sertifikasi yang sudah diterbitkan dan berlaku dalam kurun 1 tahun tersebut, bakal kembali dilakukan monitoring evaluasi langsung kepada Apple. Jika nantinya pihak perusahaan asal Cupertino tersebut tak jadi membangun, maka Apple diungkapkan Rudi tidak berkomitmen. Sehingga, sertifikasi TKDN smartphone 4G yang dikantonginya akan kembali ditarik pemerintah.

Baca Juga : Apa Jadinya Jika Tombol Home iPhone 7 Alami Kerusakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here