Gandeng Ericsson dan Huawei, Telkomsel Lakukan Uji Coba Jaringan 4.5G!

0
17334
Telkomsel
Copyright ©telko

Gaet Huawei dan Ericsson, Telkomsel Mulai Kembangkan Jaringan 4.5G ?

Smeaker.comTelkomsel kembali membuat gebrakan untuk dunia teknologi, khususnya dalam negeri. Kali ini, belakangan Telkomsel disebut tengah sibuk menjalin kerjasama dengan beberapa vendor terkemuka seperti Ericsson, Huawei, Nokia, serta ZTE untuk merealisasikan layanan jaringan 4.5G yang dikambangkannya.

Memasuki tahap uji coba, Telkomsel pun dikabarkan telah menghadirkan layanan 4.5G tersebut di 9 kota yang tersebar di Indonesia mulai dari Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Makassar, Manado dan Ambon. “Penerapan teknologi 4.5G kali ini dan uji coba teknologi seluler 1 Gbps yang kami lakukan baru-baru ini merupakan tahapan menuju diimplementasikannya teknologi 5G di Indonesia” tegas Sukardi Silalahi, selaku Direktur Network Telkomsel.

Guna memberikan layanan 4.5G, Telkomsel sendiri bakal menggunakan teknologi LTE (Long Term Evolution) di spektrum frekuensi 1.800 MHz yang digabungkan dengan teknologi 4×4 MIMO alias Multiple-Input Multiple-Output. Teknologi tersebut diklaim Telkomsel bakal bisa menghadirkan akses data dua kali lebih cepat dari teknologi 4G biasanya.

Telkomsel
Copyright ©cnnindonesia

Selain itu, ia juga disebut mempunyai latensi rendah, yakni kurang dari 10 milidetik jika dibandingkan dengan teknologi jaringan 4G. Namun, untuk sementara ini kamu hanya dapat mencoba teknologi 4.5G tersebut di 11 GraPARI yang ada di 9 kota tersebut saja. Pasalnya disitu akan terdapat experience booth, dimana kamu bisa menggunakan perangkat yang suah mendukung teknologi 4.5G.

Dengan begitu, kamu bisa langsung merasakan kecepatan 4.5G dengan menggunakan ponsel yang disiapkan Telkomsel tersebut, atau kamu juga bisa melakukan tethering dan menghubungkan perangkat smartphone kamu ke perangkat berbasis 4.5G itu.

Sedangkan untuk ke-11 GraPARI yang dimaksud itu sendiri ialah GraPARI Merah Putih (Medan), GraPARI Gandaria City, GraPARI Pondok Indah Mall 3, GraPARI Alia (Jakarta), GraPARI Banda (Bandung), GraPARI Matahari Galleria (Denpasar), GraPARI Mall Epicentrum (Mataram), GraPARI TTC (Pontianak), GraPARI Makassar, GraPARI Manado, dan GraPARI Sitanala Ambon.

Baca Juga : Gandeng Telkomsel, ITB Bakal Terapkan Smart City di Bekasi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here