Gandeng Telkomsel, ITB Bakal Terapkan Smart City di Bekasi !

0
363
Smart City
Copyright ©neton

Institut Teknologi Bandung Siap Hadirkan Smart City di Bekasi Dengan Didukung Telkomsel?

Smeaker.comTelkomsel bekerja sama dengan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) Institut Teknologi Bandung (ITB) dikabarkan tengah sibuk mengembangkan sebuah konsep Smart City di kota Bekasi, Jawa Barat.

Setelah sebelumnya sukses di Kota Bogor, implementasi konsep Smart City di Bekasi tersebut ditujukan untuk ikut mensiasati persoalan perkotaan. Antara lain, tentang pertumbuhan jumlah pendukuk yang berkembang pesat, dimana sekaligus menuntut sebuah langkah alternatif solusi permasalahan.

Selain itu, guna menunjang konsep tersebut, Telkomsel akhirnya memutuskan untuk menggelar jaringan mobile broadband berkaulitas 332 BTS 4G (eNode B) di Bekasi. Ivan C Permana selaku Vice President Technology & System Telkomsel menegaskan, jika pihaknya merasa mempunyai tanggung jawab untuk bisa memberikan layanan sekaligus solusi mobile digital dan mendukung perekonomian bangsa.

Sementara itu, pengimplementasian Smart City di Bekasi sendiri rencananya bakal dihadirkan dalam bentuk platform Smart City, Patriot Operation Center, intalasi Hardware dan Software, serta aplikasi Sorot. Platform Smart City ini sendiri merupakan sumber informasi, untuk pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat.

Smart City
Copyright ©sabekasi

Hal tersebut dimungkinkan dengan mendapatkan informasi secara real-time yang dikirimkan dari sensor-sensor yang terhubung di sebuah satu kesatuan ruang kontrol. Singkatnya, pemerintah Bekasi bakal bisa memantau dan mendapatkan informasi yang terintegerasi seputar kota secara real-time.

Untuk mewujudkan sebuah Smart City, Instalasi software dan hardware sendiri dilakukan dalam bentuk pemasangan sensor pencemaran udara, sistem sensor pencemaran lingkungan sungai, CCTV, GPS tarcking, serta sensor pendapatan daerah atas pajak daerah (MPOS) ke semua perangkat yang tersambung dengan Patriot Operation Center.

Ivan menuturkan jika, Untuk sementara aplikasi Sorot merupakan media berbasis teknologi terintegrasi, yang mana akan memfasilitasi pelaporan dari masyarakat kepada Pemerintah Kota Bekasi tentang kondisi sosial dan lingkungan Kota Bekasi. Dengan begitu, laporan dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti dan mendapatkan solusi dari PemDa.

Baca Juga : Telkomsel Kerjasama Dengan Samsung Tawarkan Samsung Galaxy J5 dan J7 dengan Harga 3 Jutaan !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY