Tak Lagi Pakai Android, Pemerintah Rusia Adopsi OS Sailfish Milik Nokia!

0
721
OS Sailfish
Copyright ©laptopmag

Hengkang Dari Android, Pemerintah Rusia Kini Gunakan OS Sailfish Buatan Nokia !

Smeaker.comPerusahaan software asal Finlandia, Jolla resmi mengumumkan sebuah sistem operasi yang akan digunakan perangkat smartphone bernama OS Sailfish buatannya yang akan digunakan oleh pemerintah Rusia. Sistem operasi tersebut bakal dimanfaatkan untuk urusan pemerintahan secara resmi.

Tak hanya Rusia, Jolla juga mengungkapkan jika pihaknya kini sedang berada dalam tahap diskusi dengan beberapa pemimpin negara di wilayah Afrika Selatan, Tiongkok, serta negara anggota BRICS. OS Sailfish ini sendiri merupakan sebuah platform yang diciptakan berbasis sistem karya Nokia dan Intel, yakni MeeGo, yang tak lain digunakan pada Nokia N9.

Sementara itu, kuat dugaan jika persetujuan pemerintah Rusia untuk mengganti posisi sistem operasi Android tersebut, ialah berdasarkan perang dingin geopolitik yang kini mulai menyebar ke dunia teknologi. Serupa dengan Tiongkok, Rusia menilai jika negara barat mempunyai pengaruh yang terlalu besar di dunia digital.Hal tersebutlah yang akhirnya mendorong kedua negara itu untuk menghadirkan alternatif untuk Windows, Android, serta iOS.

OS Sailfish
Copyright ©gadgets.ndtv

Microsoft, Apple dan Google bahkan juga menjadi target dari beberapa perselisihan politik di luar wilayah Amerika Serikat, meskipun untuk saat ini telah terjadi beberapa perubahan. Selain itu, Rusia sendiri bahkan juga sempat beberapa kali dilaporkan telah mengirimkan mata-mata untuk memasuki sistem Windows Amerika. Hal tersebut tak lain ialah untuk berusaha mencuri berbagai rahasia negara Adi Kuasa tersebut.

Pencekalan untuk membeli perangkat berbasis sistem operasi Android, Windows, dan iOS di Rusia dan Tiongkok juga dikatakan berdasarkan alasan ketidakinginan pemerintah kedua negara tersebut untuk menggunakan platform teknologi yang sama, yang sangat mungkin telah bisa dieksploitasi.

Selain itu, Jolla bahkan juga dikatakan telah memberikan lisensi sistem operasi OS Sailfish pada perusahaan lokal bernama Open Mobile Platform (OMP). Perusahaan tersebut akan bertugas untuk mendorong terciptanya komunitas pengembang di Rusia, guna membuat software yang mereka gunakan semakin terjaga keamanannya.

Baca Juga : Google Gandeng Huawei Siapkan Tablet 7 Inchi Dengan RAM 4 GB !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY