Wow, FB Nunggak Pajak di Indonesia Sebesar Rp 3 Triliun!

0
1681
FB
Copyright ©money

Sukses di Tanah Air, FB Punya ‘Hutang’ Rp 3 Triliun Rupiah Pada Indonesia ?

Smeaker.comSetelah pada pemberitaan sebelumnya Indonesia sukses menemukan kata sepakat dengan Google soal tunggakan pajak. Kini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kabarnya mulai mengincar perusahaan Over The Top (OTT) asing lainnya, yakni Facebook (FB). Ketika kabar ini ditulis, DJP kabarnya telah mengirimkan surat kepada pihak FB untuk menyelesaikan kewajiban mereka membayar pajak penghasilan di Indonesia.

Seperti yang dilansir laman Bloomberg, Sabtu (26/11), Muhammad Haniv selaku Kepala Kanwil Direktorat Jederal Pajak Jakarta Khusus menegaskan, jika pihaknya telah mengirimkan surat ke kantor FB yang berada di Irlandia untuk berdiskusi mengenai persoalan tunggakan pajak tersebut. Sekaligus, mencari tahu kepentingan bisnis FB di Indonesia.

Menurut data yang ada, hutang pajak FB di Indonesia kini diperkirakan telah menyentuh angka antara 2 hingga 3 triliun rupiah, termasuk denda keterlambatan pembayarannya. Pasalnya, FB sendiri diketahui mulai membuka kantor perwakilanya di Indonesia semenjak Maret 2014 lalu, yang bertempat di kawasan Mal Pacific Place, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.

FB
Copyright ©Facebook

Sementara itu, juru bicara FB di Indonesia, Yunita Purnamasari nyatanya masih enggan untuk memberikan pernyataan resminya, terkait dengan dugaan penunggakan pajak di Indonesia tersebut. Selain Google dan FB, DJP saat ini juga tengah sibuk mengincar utang pajak dari perusahaan OOT asing lainnya di Indonesia, termasuk Apple, Twitter, serta Yahoo. Langkah tersebut mulai dilakukan guna meningkatkan pendapatan negara, sekaligus menekan defisit anggaran di bawah 3 persen.

Sedangkan untuk kasus utang pajak dengan Google lalu, Dirjen Pajak telah menawarkan penyelesaian pajak atau tax settlement pada raksasa internet tersebut. Adapun angka yang disepakati tersebut dikatakan berkisar 73 juta US Dollar atau setara Rp 988 miliar rupiah. Kisaran tersebut dikatakan tak akan melebihi angka yang dipatok, bahkan masih bisa jadi kurang dari itu.

Baca Juga : Waspada, Malware Ini Manfaatkan FB & LinkedIn Untuk Bobol PC Kamu!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY