Waspada, Malware Ini Manfaatkan FB & LinkedIn Untuk Bobol PC Kamu!

0
1196
FB
cyberwarzone

Manfaatkan FB dan LinkedIn Untuk Bobol PC Kamu, Waspada Malware Satu Ini !

Smeaker.comJika kita mengenal istilah Malware, tentu kita akan banyak merujuk ke browser serta aksploitasi berbasis sistem operasi yang sejatinya menjadi sumber penularannya. Namun, taukah kamu jika media sosial sejatinya juga mempunyai potensi yang sama besarnya sebagai sumber malware yang bisa saja menyerang Personal Komputer (PC) kita.

Hal tersebut bahkan dinyatakan langsung oleh tim peneliti perusahaan software kawakan, Check Point. Sebuah malware bernama Locky, dikatakan dapat memanfaatkan celah yang ada di media sosial FB dan LinkedIn. Lebih spesifik, celah tersebut dikatakan ada pada bagian pengolahan konten visual yang ada di FB dan LinkedIn.

Locky, bakal memasangkan trik sehingga pengguna FB dan LinkedIn mengunduh gambar atau foto yang sebelumnya telah disusupi kode berbahaya. Jika sudah diunduh, Locky akan mendapatkan akses menuju sistem komputer pengguna dan menguncinya. Dengan begitu, pengguna tak akan lagi diizinkan untuk mengakses file-file yang ada di dalam komputernya, kecuali jika mereka mau membayar tebusan dalam nominal tertentu, atau yang dikenal dengan istilah ransomware.

FB
Copyright ©tweaktown

Singkatnya, Locky merupakan varian malware yang secara signifikan dikategorikan sebagai jenis ransomware berbahaya. Biasanya, Locky akan disisipkan pada email berformat word. Ketika dibuka, email tersebut ternyata ialah sebuah virus berbahaya yang menyebar ke sistem operasi komputer kita. Sementara merambahnya Locky ke media sosial FB dan LinkedIn sendiri sebenarnya masih terbilang baru.

Sementara itu, pihak Check Point sendiri kabarnya juga telah memberi tahu celah tersebut kepada FB dan LinkedIn semenjak bulan September lalu. Namun, dua perusahaan tersebut justru enggan menjelaskan lebih jauh tentang apakah telah membereskan celah yang dimaksud Ceck Point tersebut atau belum.

Namun kala dihubungi, juru bicara FB bahkan mengatakan jika laporan Check Point tersebut tidak benar. Isu pada FB tak terkait ransomware, melainkan ekstensi Chrome yang buruk. FB pun mengklaim telah memblokir ekstensi Chrome yang dimaksud itu.

Baca Juga : Dituntut Atas Tuduhan Diskriminasi, Manager FB Ini Terancam Dipecat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY