Demi Masuk Tiongkok, FB Tanam Perangkat Sensor Konten Ini !

0
628
FB
Copyright ©telset

Siap Masuk Pasar Tiongkok, FB Bakal Tanam Fitur Sensor Konten !

Smeaker.comSeperti yang kita ketahui sebelumnya, Facebook (FB) beberapa waktu lalu sempat diblokir dan tak mendapatkan hak akses dari masyarakat Tiongkok, terkait larangan dari pemerintah setempat. Hal tersebut dikarenakan adanya sejumlah konten yang tidak diperbolehkan oleh pemerintah untuk dikonsumsi dan disebarluaskan oleh para pengguna FB di Tiongkok.

Menanggapi hal tersebut, FB pun kini disebut bakal siap menghadirkan alat sensor yang dapat menyembunyikan unggahan, terkait topik yang dilarang oleh pemerintah Tiongkok. Namun untuk merealisasikannya, FB bahkan dikabarkan bakal menggandeng pihak ketiga lokal yang akan membantu mereka menghadrkan alat tersebut.

Munculnya alat ini sendiri juga menjadi salah satu upaya FB, guna bisa merambah pasar Tiongkok dengan lebih baik, setelah mendapatkan pelarangan beroperasi oleh pemeintah negeri Tirai Bambu itu. Dengan menjalin kerja sama dengan pihak ketiga lokal, langkah tersebut dinilai menjadi langkah yang paling tepat untuk mencegah kehadiran konten yang dianggap melanggar aturan yang ditetapkan pemerintah dengan lebih maksimal.

FB
Copyright ©canyousayyesplease

Selain itu, alat penyensor ini pun dianggap bakal bisa membuka akses untuk FB ke pasar Tiongkok, dimana hal tersebut juga akan berdampak pada peningkatan jumlah pengguna dan pendapatan iklan FB. Meski begitu, alat tersebut ternyata juga diperkirakan akan menimbulkan potensi terjadinya pelanggaran, terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Pasalnya, kemampuan alat tersebut untuk melacak pengguna yang mengunggah protes atau komentar negatif terkait pemerintah, mempunyai potensi untuk mendapatkan reaksi keras bahkan menerima hukuman dari pihak pemerintah Tiongkok sendiri. Sementara itu, Tiongkok sendiri dikenal oleh masyarakat luas sebagai negara dengan peraturan berkomentar yang ketat, jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Sementara itu, menurut New York Times, sejumlah pegawai FB yang mengembangkan produk ini sendiri bahkan telah lebih dulu mengundurkan diri. Hingga saat ini, FB belum menunjukkan tanda akan menawarkan alat penyetoran ini kepada pihak pemerintah Tiongkok, ataupun memberikan detail spesifikasi tentang cara kerja alat ini.

Baca Juga : Mudahkan Pengguna yang ‘Fakir Wi-Fi’, FB Segera Hadirkan Fitur ‘Find Wi-Fi’ !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY