Ini Dia 7 Langkah FB Tangkal dan Berantas Berita ‘Hoax’ !

0
254
FB
Copyright ©facebook

Nyatakan Perang Pada Berita Hoax, Ini 7 Langkah FB Untuk Membasminya !

Smeaker.comSejumlah media sosial raksasa seperti Twitter dan Facebook (FB), belakangan kembali menjadi sorotan para netizen lantaran dipandang banyak berperan menyebarluaskan berita hoax. Peredaran informasi palsu di ranah maya tersebut bahkan ramai disebut sebagai salah satu faktor dibalik layar, atas kemenangan yang didapatkan Presiden terpilih Amerika Serikat selanjutnya, Donald Trump.

Menanggapi isu tak sedap yang menerpa media sosial besutannya tersebut, pendiri sekaligus CEO FB, Mark Zuckerberg kembali menegaskan tentang sejumlah komitmen FB untuk memberantas berbagai berita palsu alias fake news yang banyak dijumpai di FB. Melalui akun FB pribadinya, Mark mengatakan “Kami menangani misinformasi dengan serius, kami ingin orang-orang agar mendapat informasi yang akurat”.

Dalam postingan yang panjang tersebut, The Wall Street Journal menyebutkan, jika Mark Zuckerbeg menjelaskan tentang tujuh langkah yang nantinya bakal dilakukan FB untuk mencegah peredaran berita hoax yang selama ini bak menjamur di FB. Ketujuh langkah yang dimaksud Mark Zuckerberg tersebut, ialah :

fb
Copyright ©activetelecoms
  • Pembuatan sistem untuk mendeteksi berita hoax yang lebih handal
  • Mempermudah pengguna melaporkan berita palsu
  • Merekrut pihak ketiga berupa organisasi pemeriksa fakta, guna kepentingan verifikasi informasi yang dimaksud
  • Memberikan label atau pemberitahuan tentang kualitas sebuah situs atau isi berita
  • Menampilkan artikel terkait yang lebih berkualitas di bawah postingan di FB
  • Memblokir penayangan iklan dari pihak ketiga yang membuat serta mengedarkan informasi palsu, serta
  • Menjalin kerja sama dengan para jurnalis untuk mendapatkan input

Dalam sebuah pernyataan yang diluncurkannya, FB menyebut “Kami tidak mengintegrasikan atau menayangkan iklan di aplikasi atau situs yang mengandung konten ilegal, misleading, atau bersifat menipu”.

Sebelumnya, sempat ramai pula dibicarakan soal akun palsu yang kemudian membuat FB menerapkan kebijakan baru, jika pengguna harus menggunakan nama asli untuk setiap akunnya. Hal terseut dilakukan FB melalui sebuah proses verifikasi berupa pencantuman kartu identitas.

Baca Juga : Peringkat FB di Alexa Merosot, Gara-gara Diterpa Berita Hoax ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY