Peringkat FB di Alexa Merosot, Gara-gara Diterpa Berita Hoax ?

0
323
fb
Copyright ©investopedia

Banyak Diterpa Berita Hoax, Peringkat FB di Alexa Perlahan Merosot !

Smeaker.comBukan hanya di negara asalnya, Amerika Serikat, popularitas FB (Facebook) di Tanah Ait tampaknya juga turut terkena dampaknya. Hal tersebut terlihat jelas dari peringkat yang dipublikasikan situs pemeringkat, Alexa. Dalam laporan tersebut mencatatkan, jika situs FB kini mengalami penurunan hingga menjadi urutan ke-13.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti tentang apa yang menyebabkan jebloknya performa sang raksasa media sosial tersebut. Padahal, FB sendiri selama ini dikenal selalu berada di urutan sepuluh besar sebagai situs paling populer di Indonesia. Bahkan, tak jarang pula sang media sosial biru tersebut menempati peringkat lima besar.

Menurut para analis, salah satu faktor ‘X’ yang mungkin menjadikan performa FB menurun ialah karena banyaknya konten yang dibagikan sudah tak lagi sehat. Terlebih, saat ini Indonesia juga tengah menyambut pemilihan kepala daerah untuk periode tahun 2017 mendatang.

Selain itu, masalah lain yang juga disebut menjadi penyebab kondisi FB memburuk, ialah berbagai pemberitaan yang semakin tak sesuai dengan fakta. Menurut salah satu sumber, asal usul berita dari FB kerap dibagikan begitu saja oleh para pengguna FB, tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

FB
Copyright ©Mark Zuckerberg

Sumber tersebut mengungkapkan, “Sekarang ini di Facebook begitu riuh dengan berita yang terkadang tak jelas sumbernya, tapi langsung begitu saja dibagikan karena dianggap sesuai dengan pemikirannya. Padahal, kalau mau melihat lebih jeli, tautan yang dibagi biasanya menyertakan sumber dan bisa dipastikan lebih dulu”.

Tren tersebut sejatinya juga telah terjadi di Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Pasca pemilihan umum yang diadakan di Negeri Paman Sam itu, banyak pengguna FB yang bahkan memilih untuk ‘merenggang’ dari situs FB. Menurut laporan USA Today, unggahan dan pandangan yang dibagikan menjelang pemilu sungguh ramai akan kabar yang tak sehat.

Bahkan, seorang eksekutif Google Ben Galbraith menengaskan, jika dirinya tak akan membuka FB hingga tahun 2017 mendatang. Alasannya, ialah unggahan yang ada di layanan media sosial tersebut masih banyak yang berisikan amarah, ia pun mengaku telah lelah menanggapi berbagai kabar yang tak sedap tersebut.

Baca Juga : Menilik Rumah FB di APEC Summit 2016, Tersaji Oculus sampai Drone Aquila !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY