Tanggulangi Bencana dan Krisis, FB Hadirkan Fitur Community Hub !

0
853
fb
Copyright ©techradar

Serius Ciptakan Layanan Penanggulangan Bencana, FB Kuatkan Fitur Community Hub !

Smeaker.comSalah satu media sosial terbesar saat ini, FB tampaknya tengah dalam upaya memperluas layanannya guna membantu para pengguna yang sedang berada di wilayah rawan bencana dan krisis. Media sosial biru tersebut kini dikatakan bakal bisa menjadi sebuah fasilitas penanggulangan bencana.

Seperti yang dilaporkan Business Insider, perusahaan yang mempunyai markas besar di Menlo Park, California, Amerika Serikat tersebut diketahui resmi memperkenalkan fitur teranyarnya yang dikenal dengan nama Community Hub, pada Kamis 17 November waktu setempat.

Menggunakan fitur tersebut, pengguna FB akan dapat terhubung dengan mereka yang tengah mencari tempat mengungsi, membutuhkan makanan, serta pasokan obat-obatan saat terjadi bencana alam atau keadaan darurat. Meskipun demikian, sayangnya tak dijelaskan lebih rinci tentang bagaimana fitur tersebut akan bekerja dan bisa digunakan kala pengguna FB sedang terkena bencana dan krisis.

FB
Copyright ©nbcsandiego

Tak hanya itu, FB juga turut mengumumkan tentang fitur Safety Check yang hanya diaktifkan oleh orang yang terdampak bencana, bukan oleh para karyawan FB. Seperti yang diketahui , fitur Safety Check itu sendiri dikenal sebagai layanan yang memungkinkan pengguna memberitahukan kabar kepada kerabat, atau teman sesama pengguna FB, bahwa mereka sedang dalam keadaan aman dan selamat selama masa bencana.

Sebelumnya, media sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut juga telah mengaktifkan fitur Safety Check kala insiden penembakan di sebuah klub malam di kota Paris, Perancis pada tahun 2015 lalu. Serta kejadian pengeboman yang terjadi di Beirut dan Lebanon.

Dengan adanya update tersebut, kini fitur Safety Check hanya dapat digunakan kala ada cukup banyak orang yang memposting tentang krisis atau kondisi darurat yang tengah dialami. Sebagai contohnya, sebut saja adanya bencana gempa bumi atau penembakan disuatu tempat.

Sementara itu sebagai informasi, FB sendiri pertama kali mengaktifkan fitur Safety Check pada tahun 2014 lalu, yakni kala terjadi bencana topan Hagupit di Filiphina. Setelah itu, kondisi krisis lainnya yang membuat FB mengaktifkan fitur tersebut kala terjadinya insiden penembakan massal di Orlando, Florida pada awal tahun 2016 ini.

Baca Juga : Dituntut oleh Badan Pengawas, FB Kini Hentikan Pengumpulan Data Pengguna WhatsApp di Eropa !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY