Dituntut oleh Badan Pengawas, FB Kini Hentikan Pengumpulan Data Pengguna WhatsApp di Eropa !

0
1356
fb
Copyright ©valuewalk

Kena Teguran Badan Pengawas, FB Hentikan Penarikan Data Pengguna WhatsApp di Eropa !

Smeaker.comSetelah sebelumnya mendapatkan peringatan dari sejumlah badan pengawas di Eropa, Facebook (FB) akhirnya benar-benar mendapatkan teguran keras. Mengikuti tuntutan yang dilayangkan badan-badan pengawas Eropa tersebut, FB akhirnya resmi menghentikan aktivitas pengumpulan data pengguna WhatsApp di benua biru tersebut.

Itu berarti, berbagai informasi pengguna WhatsApp di Eropa seperti nomor telepon, tak akan lagi diberikan ke FB. Namun, pihak FB juga menyebutkan, jika langkah yang mereka ambil tersebut hanya akan bersifat sementara. Hal itu dilakukan FB sambil menunggu ditentukannya peraturan baru terkait pembagian data pengguna tersebut.

Menyikapi hal tersebut, pihak FB menuturkan “Kami harap kami dapat meneruskan pembicaraan kami dengan Kantor Komisaris Informasi Inggris dan badan perlindungan data lainnya”. Mereka (FB) juga telah mengkonfirmasi tentang kesediaannya untuk berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi tersebut.

fb
Copyright ©digitalmarket

Sementara itu, menurut The Verge, FB sendiri sejatinya telah membeli WhatsApp senilai 19 miliar US Dollar pada tahun 2014 silam. Namun, mereka baru mulai pengumpulan data pengguna WhatsApp tersebut pada bulan Agustus tahun 2016 ini. Keputusan FB tersebut pun akhirnya memunculkan banyak kritik dari badan pengawas dan pengumpulan data Eropa.

Setidaknya, ada dua puluh delapan badan pengumpulan data Eropa yang ikut menandatangani surat terbuka yang dikirimkan CEO WhatsApp, Jan Koum pada bulan lalu. Surat tersebut meminta Koum untuk menghentikan pengumpulan data pengguna WhatsApp, setidaknya selama peraturan terkait pembagian data di Eropa di tentukan.

Selain itu, Badan Komisaris Perlindungan Data Irlandia mengkonfirmasi pada Financial Times. Jika FB saat ini memang telah menghentikan aktivitas pengumpulan data pengguna WhatsApp di Eropa mulai minggu lalu. Sebelum ini, FB bahakn juga telah diminta untuk menghentikan pengumpulan data tersebut di Jerman. Pasalnya, FB dianggap melanggar peraturan terkait dengan perlindungan data nasional.

Baca Juga : Bos FB ‘Mark Zuckerberg’ Umumkan Kehadiran WhatsApp ‘Video Call’ di Android dan iOS !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY