Cegah Berita Hoax, FB dan Google Bakal Batasi Layanan Iklan di Situs Web !

0
1228
fb
Copyright ©news.abs-cbn

Demi Cegah Penyebaran Berita Hoax, FB dan Google Siap Batasi Iklan di Situs Web !

Smeaker.comSeiring dengan banyaknya penyebaran berita palsu dan berbagai konten menyesatkan yang berhamburan di Internet, akhirnya mendapatkan langkah tegas dari Google dan FB. Dikatakan, semakin hari situs web yang memberikan konten palsu tersebut tampaknya semakin sulit untuk mendapatkan uang dari iklan atau ads dari Google.

Seperti yang dilaporkan PC Wod, Google dan FB pun langsung mengumumkan tentang kebijakan baru mereka perihal ads atau iklan yang terpasang di situs web. Dalam kebijakan baru yang diumumkan Google dan FB tersebut, situs web yang mempunyai konten berita palsu tak akan bisa lagi menggunakan layanan iklan milik dua raksasa internet tersebut.

Perubahan yang dilakukan Google dan FB tersebut merupakan imbas dari kejadian selama berlangsungnya acara pemilihan Presiden Amerika Serikat ke-45 pekan lalu. Kala itu, banyak anggapan yang mengatakan jika Google dan FB banyak menyebarkan berbagai berita palsu, tentang hasil pemilihan tersebut.

fb
Copyright ©investopedia

Menggapi hasil tersebut, Mark Zuckerberg selaku CEO FB mengatakan jika dari semua konten yang ada di FB, lebih dari 99 persen yang dilihat ialah asli. Hanya ada sedikit sekali jumlah berita tersebut yang palsu. Belajar dari masalah tersebut, ada kekawatiran yang akhirnya muncul dari masyarakat pengguna internet, jika sistem monitoring situs berita palsu dan hukumannya dapat memberikan kekuasaan tak terbatas seperti perusahaan internet tersebut.

Dengan membatasi layanan Iklan di situs Web yang menjadi sumber permasalahan tersebut, penyebaran berita Hoax pun diharapkan FB dan Google bisa teratasi. Ditambah lagi, beberapa berita palsu tersebut dikatakan tak hanya memberikan fakta bohong, namun juga mampu mempengaruhi pendirian seseorang yang membacanya.

Baca Juga : Bos FB ‘Mark Zuckerberg’ Umumkan Kehadiran WhatsApp ‘Video Call’ di Android dan iOS !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY