Terkait Isu Sokong Donald Trump, FB Janji Bakal Hentikan Peredaran Berita Hoax !

0
1097
FB
Copyright ©techcrunch

Mosseri : Kami sangat serius menangani kesalahan informasi di FB !

Smeaker.comSebagai salah satu media sosial terkemuka saat ini, FB (Facebook) tampaknya memang tak pernah lepas dari berbagai polemik dan isu tak sedap di ranah maya. Belakangan, sejumlah orang meyakini jika FB telah memainkan peran yang berbahaya dalam pemilihan presiden baru Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Pasalnya, banyak orang yang menyebarkan berita palsu untuk mendukung kandidat presiden AS yang mereka pilih dan menjelekkan lawannya. Hal tersebut seperti yang dilaporkan Business Insider, Senin (14/11). Dalam laporannya, mereka mengatakan jika algoritma news feed FB telah diatur untuk berusaha memperlihatkan berabgai hal yang disukai penggunanya.

Misalnya saja, yang mendokumentasikan tentang bagaimana para pendukung Donald Trump yang disebut telah ditipu, dengan serangan berita palsu yang dihasilkan oleh lebih dari 100 website pro-Trump yang dijalankan di sebuah kota di Eropa Timur.

FB
Copyright ©FB

Hal semacam itu disebut juga sebagai ‘Filter Bubble’, dimana kita akan melihat berbagai hal sesuai dengan yang kita sukai. Selai itu, kita tidak akan mendapatkan berita apapun dari hal lain yang mungkin akan dapat merubah cara pandang. Meski begitu, FB membantah jika pihaknya bertanggung jawab atas berbagai berita yang muncul di News Feed. FB juga menturkan, jika layanan tersebut sejatinya bukan organisasi berita atau perusahaan media.

Adapun VP Product Management FB, Adam Mosseri menegaskan, FB akan berusaha bekerja lebih baik untuk menyaring berbagai berita palsu yang beredar di news feed miliknya. Namun, ia juga menyadari jika ada begitu banyak hal yang harus dilakukan untuk membenahi hal terebut. “Kami sangat serius menangani kesalahan informasi di Facebook. Kami menghargai komunikasi asli dan secara konsisten mendengarkan pengguna Facebook bahwa mereka tidak ingin melihat informasi palsu” ungkapnya.

Mosseri juga menambahkan, jika FB telah menggunakan berbagai sinyal berdasarkan tanggapan komunitas untuk menentukan postingan yang kemungkinan berisi informasi hoax serta mengurangi penyebarannya.

Baca Juga : Demi Amankan Akun Pengguna dari Hacker, FB Beli ‘Password Curian’ di Pasar Gelap?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY