7 Kelebihan Belajar dan Mencari Guru Secara Online

    0
    2338
    guru privat
    English concept with person holding a smartphone

    Budaya di Indonesia yang memang menjadikan pendidikan adalah nomor satu membuat banyak orang bersaing untuk mendapatkan banyak ilmu. Bahkan banyak orang yang sibuk mencari guru untuk mengikuti kelas tambahan. Perkembangan teknologi membuat sumber pelajaran yang ada di kelas tambahan semakin mudah untuk diakses. Dengan kemunculan belajar online membantu orang tidak perlu pergi jauh untuk belajar. Semakin banyak tenaga pengajar dan materi pembelajaran tidak kalah dengan kampus yang ada di luar negeri. Jadi, semua orang mudah untuk mempelajari berbagai ilmu baru, termasuk berbagai macam bahasa asing tanpa harus ke luar negeri.

    Semua hal saat ini pasti berkaitan dengan online misalnya seperti online meeting, online shop, online banking, online learning, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang sama sekali belum pernah mencoba online learning, maka Anda harus mengetahui manfaat dari belajar online atau mempunyai guru online.

    Kelebihan Belajar dan Mencari Guru di Dunia Online

    Belajar online mempunyai banyak kelebihan yang tidak diperoleh saat Anda mengikuti belajar offline. Berikut ini adalah kelebihan dari belajar dengan internet:

    • Tempat dan waktu yang fleksibel

    Tempat dan waktu dapat menyesuaikan kapan dan di mana Anda sedang berada. Anda bisa belajar di ruang makan, ruang tamu, kamar tidur, dan di café untuk mendapatkan internet gratis. Anda bisa belajar sambil duduk, tidur, atau posisi lain yang Anda inginkan karena tidak akan ada orang yang tahu. Belajar online mampu membuat Anda belajar untuk mengatur diri Anda sendiri. Anda akan menjadi disiplin tanpa dipaksa. Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi yang paling aman saat Anda belajar.

    • Hemat uang

    Saat ada kelas menulis dengan bahasa asing yang ada di Jakarta dan Anda dijamin akan diajari untuk menulis secara gratis, Anda hanya perlu datang ke Jakarta saja, namun apakah Anda mau melakukan hal tersebut meskipun kelas tersebut hanya satu bulan? Anda pasti akan berpikir lebih panjang karena biaya perjalanan ke Jakarta bagi Anda yang berada jauh di Pulau Sumatera misalnya sangat mahal. Ditambah lagi Anda harus meninggalkan keluarga yang ada di rumah. Anda harus membayar biaya untuk transportasi, penginapan, makan, dan keperluan yang lain. Jika Anda belajar offline, Anda mungkin kehilangan momen dengan keluarga, namun dengan belajar online Anda bisa mendapatkan ilmu dan tetap bersama-sama keluarga Anda. 

    • Hemat waktu

    Ini hampir sama dengan kasus di atas. Banyak orang yang harus menempuh perjalanan dengan waktu yang lama hampir berjam-jam karena macet. Bayangkan jika setiap ingin les Anda harus menempuh perjalanan tersebut, maka waktu Anda akan lebih banyak terbuang karena terjebak oleh macet di kota besar. Anda akan kesulitan untuk memahami pelajaran karena sudah lelah lebih dulu dengan perjalanan yang terlalu lama. Bagi Anda yang memang tidak memiliki banyak waktu, mencari guru dan belajar online adalah solusi yang sangat tepat.

    •  Belajar online dapat diikuti di semua wilayah

    Online bisa di mana dan kapan saja karena jarak tidak akan menjadi masalah. Di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di luar negeri juga dapat mengikuti pembelajaran online. Jika Anda belajar secara offline, pasti hal ini tidak dapat Anda lakukan karena Anda harus menempuh perjalanan selama berjam-jam hanya untuk mengikuti kelas yang hanya berlangsung selama 2 jam saja.

    • Hanya bermodal kuota internet dan laptop atau ponsel pintar

    Ada banyak model pembelajaran online yang bisa dilakukan dengan ponsel pintar dan kuota internet. Jadi, Anda harus mengunduh aplikasi di play store dan mendaftar kemudian menyimak semua materi yang disediakan dengan baik. Selain dalam bentuk aplikasi, terdapat model pembelajaran online yang berbentuk website. Website tersebut menyediakan banyak tutor berpengalaman dan semuanya merupakan native speaker sehingga Anda hanya memerlukan laptop, mengunduh aplikasi Skype, membuka website tersebut, memilih tutor, dan melakukan komunikasi dengan Skype melalui internet yang stabil agar tidak tersendat saat Anda berkomunikasi. Anda hanya perlu konsisten untuk duduk di depan laptop Anda pada waktu yang telah ditentukan sampai materi berakhir dan Anda sudah bisa menguasai bahasa tersebut.

    • Semua materi yang disampaikan dapat disimpan

    Ini adalah salah satu kemudahan saat Anda mengikuti kelas online karena semua materi yang diajarkan oleh guru Anda bisa disimpan di dalam komputer Anda. Materi tersebut biasanya akan dikirimkan melalui email dan lain sebagainya. Jika belajar offline, mungkin saja sang guru hanya akan berbicara saja dan tidak ada modul. Saat pertemuan, memang kita memahami materi tersebut, namun setelah keluar dari kelas, kita sudah lupa dengan materi tersebut jika tidak dituliskan di buku. Jika belajar online, materi yang tidak dimengerti dapat dibaca berulang kali sampai Anda bisa memahami dengan baik.

    • Ekonomis dan praktis

    Belajar online sangat praktis karena Anda bisa belajar sambil menunggu jam istirahat atau saat kita sedang mempunyai waktu kosong, Anda bisa belajar online. Anda juga tidak perlu menggunakan baju tertentu saat belajar online karena meskipun Anda menggunakan piyama, Anda tetap bisa belajar online. Selain belajar secara online sangat praktis, belajar dengan cara ini juga sangat ekonomis karena Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos bensin atau transportasi. Anda hanya perlu membeli pulsa internet saja.

    Itulah kelebihan saat Anda mencari guru online yang benar dan memutuskan untuk mengikuti kelas online. Dan saat ini Anda bisa dengan sangat mudah untuk mendapatkan guru atau tutor bahasa secara online yakni melalui Preply, silahkan kunjungi website Preply untuk mempelajari lebih jauh.

    guru privat
    English concept with person holding a smartphone


    Meskipun mempunyai banyak kelebihan, kelas online ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah saat melakukan komunikasi dengan guru online, Anda bisa tidak fokus karena bisa saja Anda berada di tempat yang terlalu ramai sehingga orang yang berjalan atau duduk di dekat Anda akan mengganggu konsentrasi Anda. Bahkan saat di kamar tidur Anda bisa terganggu dengan aktivitas keluarga lain yang mungkin mereka tidak tahu bahwa Anda sedang belajar online. Selain itu, Anda bisa saja menjadi malas sehingga tidak melanjutkan lagi belajar online tersebut karena Anda merasa tidak ada yang akan mengawasi atau menegur Anda ketika Anda tidak belajar.

    Kekurangan tersebut sebenarnya dapat Anda hilangkan sendiri. Anda harus bersikap konsisten saat Anda mulai belajar online. Usahakan untuk mencari tempat yang nyaman untuk belajar. Katakan kepada anggota keluarga yang lain bahwa pada jam dan hari tertentu Anda tidak bisa diganggu karena Anda harus belajar online dengan kondisi yang tenang. Saat Anda malas, Anda harus ingat apa niat Anda untuk belajar online tersebut. Anda harus ingat bahwa misalnya saat Anda mengikuti pelajaran bahasa secara online, pada dasarnya mempelajari bahasa ini adalah untuk keperluan Anda sendiri, jika Anda mahir mengucapkan bahasa tersebut, maka Anda yang akan memperoleh kemudahan. Namun, saat Anda malas dan sama sekali tidak menguasai bahasa tersebut, maka Anda sendiri yang akan mendapatkan kesulitan di masa depan nanti.


    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY