Demi Wujudkan ‘Level Playing Field’, Kemenkominfo Rudiantara Tetap Desak Google Bayar Pajak di Indonesia !

0
357
Google
Copyright ©katadata

Rudiantara Terus Desak Google Tetap Bayar Pajak di Indonesia !

Smeaker.comMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Rudiantara, terus melakukan pendekatan untuk membujuk raksasa internet, Google demi membayarkan pajak seperti yang telah ditetapkan semestinya. Bahkan, Rudiantara juga mengaku siap jika dirinya harus menjadi fasilitator badan fiskal dan konektor pemerintah, dengan raksasa teknologi yang mempunyai markas pusat di Amerika Serikat tersebut.

Dalam penuturannya, Rudiantara menjelaskan “Bukan Kemenkominfo yang tentukan jumlah pajak yang harus dibayar Google. Tapi Google harus tetap bayar pajak. Peran saya di sini untuk membujuk Google agar bayar pajak, sementara soal angka, nanti itu urusan Bu Sri Mulyani”.

Sementara itu, kewajiban Google membayar pajak juga diakui Rudiantara bukan hanya semata untuk mencari keuntungan negara, melainkan juga untuk menghadirkan kesetaraan diantara semua kalangan pelaku usaha yang ada di negara Indonesia. Menurutnya, desakan yang dilakukan kepada Google untuk membayar pajak tersebut, dinilai akan dapat menghilangkan kesenjangan yang selama ini dirasakan oleh para pelaku bisnis lokal.

Google
Copyright ©jateng.tribunnews

Rudiantara juga menuturkan, tentang pentingnya untuk menciptakan level playing field yang setara. Dimana pengusaha lokal dan pengusaha asing bisa bersaing dengan peraturan yang sama. Sehingga, hal tersebut juga akan menunjang para pelaku usaha lokal untuk semakin meingkat, dengan persaingan yang sehat dan jujur dengan para pelaku usaha asing di Tanah Air.

Sementara itu, pendapat yang serupa juga disampaikan oleh Sandiaga Uno. Pada kesempatan yang sama, Sandiaga juga berharap permasalahan pajak Google tersebut bisa segera diselesaikan dengan baik. Menurutnya, penyelesaian permasalahan tersebut bakal menjadi salah satu bentuk keadilan, untuk para pelaku usaha di Indonesia.

Menurut data yang ada pada Kemenkominfo, jumlah pendapatan iklan digital yang ada di Indonesia diduga mencapai USD800 juta, selama tahun 2015 lalu. Ironisnya, jumlah tersebut bahkan dikatakan tak tersentuh pajak sama sekali. Sebelumnya, Google Indonesia juga disebut telah menolak pemeriksaan pajak yang akan dilakukan pemerintah Indonesia, hingga akhirnya memicu kecurigaan pemerintah.

Baca Juga : Ternyata Beginilah Cara Google Lawan Rating Palsu di Play Store !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY