Harga Lenovo Vibe A vs Harga Smartfren Andromax A, Adu Tangguh Smartphone Mempuni 600 Ribuan

0
1674
Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A

Harga Lenovo Vibe A vs Harga Smartfren Andromax A

Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax ADengan kemajuan teknologi yang kian pesan, kebutuhan akan sebuah perangkat smartphone tampaknya telah menjadi sebuah hal yang penting. Oleh karena itu, hal tersebut juga menjadi salah satu pendorong untuk para vendor banyak merilis perangkat ponsel pintar dengan harga yang terjangkau. Guna menyasak kalangan pemula, tak jarang bahkan sejumlah smartphone hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik. Dari sekian banyak pilihan, setidaknya ada dua nama ponsel pintar murah dengan spesifikasi yang terbilang cukup lengkap, yakni Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A.

Menariknya tak hanya sama-sama hadir dengan mengusung seri A, Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A juga dibanderol dengan nilai jual yang serupa. Resmi dipasarkan di tanah ar, Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A hadir dengan banderol terjangkau yakni hanya kisaran Rp 650 ribuan. Lantas, bagaimana jika keduanya disandingkan? Kira-kira mana ya yang mungkin lebih dapat diandalkan? Nah, untuk anda yang mungkin sedang bingung mencari referensi untuk memilih diantara keduanya. Berikut review perbandingan Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A, yang mungkin bisa sedikit membantu anda.

Review Perbandingan Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A

Memulai bahasan kita dari sektor konektivitas internet, Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A tampaknya hadir sebagai generasi yang berbeda. Dalam hal ini, Smartfren Andromax A telah berada sedikit didepan Lenovo Vibe A dengan menyematkan teknologi jaringan 4G LTE serta mendukung kemampuan VoLTE, dimana hal tersebut belum dimiliki Lenovo Vibe A. Sehingga dalam hal konektivitas internet, Smartfren Andromax A dipastikan mampu menghadirkan koneksi yang tetap optimal meski digunakan browsing dan bertelepon secara bersamaan. Berbeda dengan Lenovo Vibe A, yang tampaknya masih akan mengandalkan teknologi jaringan 3G HSDPA.

Sedikit berbicara tentang desain, Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A tampak hampir serupa dengan bentuk persegi panjang dengan empat sudut sedikit membulat. Sedangkan dari sisi ukuran, jelas Smartfren Andromax A dalam hal ini mempunyai ukuran rangka yang sedikit lebih luas, dengan dimensi 137 x 66 x 9 mm. Hal tersebut juga tampak dari ukuran bentang layar, dimana layar Smartfren Andromax A kali ini tampil sedikit lebih luas dengan diagonal mencapai 4.5 inci. Sedangkan Lenovo Vibe A hanya mengusung bentang layar seluas 4.0 inci.

Meski demikian, keduanya tetap akan hadir dengan balutan resolusi layar yang sama, yakni berukuran 480 x 800 pixels. Namun tetap akan ada sisi pembeda, dimana kali ini Lenovo Vibe A hadir dengan dukungan panel IPS LCD capasitive touchsreen. Sedangkan sebagai kekuatan utama layar Smartfren Andromax A, masih akan mengandalkan panel layar sentuh berteknologi TFT capasitive touchscreen. Untuk tingkat responsifitas, kemampuan multitouch tetap akan menjadi andalan keduanya. Dimana Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A mampu membaca dua titik sentuhan secara bersamaan.

Lenovo Vibe A
Copyright ©fonearena

Masuk lebih dalam untuk membahas tentang kekuatan dapur pacu. Dibanderol dengan harga jual yang sama persis, kedua ponsel ini hadir dengan kekuatan prosessor yang tak berbeda jauh. Baik Lenovo Vibe A maupun Smartfren Andromax A, bakal bersaing ketat dengan mengandalkan CPU Quad-core. Yang membedakan, ialah Lenovo Vibe A dimana dalam hal ini hadir dengan mengandalkan chipset Spreadtrum SC7731G sedangkan Smartfren Andromax A dipacu chip Snapdragon 210 buatan Qualcomm. Selain itu, clock-speed Lenovo Vibe A kali ini juga dibuat sedikit lebih cepat, yakni mencapai 1.3 GHz sedangkan Smartfren Andromax A hanya mempunyai clock-speed 1.1 GHz.

Namun dalam hal menjalankan aplikasi dan gaming, tampaknya Smartfren Andromax A bakal lebih unggul dari pesaingnya tersebut. Pasalnya, dalam hal ini Smartfren Andromax A telah hadir dengan dibekali RAM berkapasitas cukup besar yakni mencapai 1GB, sedangkan Lenovo Vibe A hanya menanamkan RAM berkapasitas 512 MB. Maka, tak heran jika Lenovo Vibe A kemungkinanan akan terasa sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan Smartfren Andromax A. Sementara untuk pengolah grafis, Adreno 304 milik Smartfren Andromax A akan melawan GPU Mali-400MP2 yang diusung Lenovo Vibe A.

Berbicara tentang ruang penyimpanan, Lenovo Vibe A bahkan kembali terlihat lebih tertinggal dengan hanya menyematkan memori internal berkapasitas kecil, yakni hanya 4GB. Sedangkan sebagai pesaing dikelas yang sama, Smartfren Andromax A telah hadir mengusung memori internal dengan kapasitas dua kali lebih besar yakni mencapai 8GB.

Meski begitu anda tak perlu khawatir, pasalnya kedua ponsel tangguh ini juga bakal menyediakan slot memori eksternal, guna memungkinkan para penggunanya menambahkan ruang penyimpanan tambahan. Menggunakan dedicated slot, keduanya diklaim mampu menampung memori microSD hingga kapasitas maksimal mencapai 32GB.

Berbicara tentang kemampuan kamera utama, Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A hadir dengan kekuatan yang sama. Keduanya hadir dengan dipersenjatai lensa kamera berkekuatan 5 MP, yang juga didukung fitur autofocus dan LED flash guna memaksimalkan setiap hasil potretnya. Selain itu, keduanya juga masih akan dilengkapi kemampuan untuk menangkap rekaman video dengan hasil yang cukup jernih. Sehingga, memudahkan anda yang ingin mengabadikan momen spesial baik dengan foto maupun rekaman video.

Sementara untuk bagian depan, jelas Smartfren Andromax A lebih unggul dan dapat diandalkan dalam hal foto selfie. Pasanya, kali ini Smartfren Andromax A hadir dengan kekuatan lensa kamera selfie yang mempunyai resolusi 5 MP, sedangkan Lenovo Vibe A hanya akan mengusung kamera depan beresolusi VGA. Ditambah lagi, kamera depan yang dibawa Smartfren Andromax A juga telah dilengkapi LED flash guna kian memaksimalkan aktivitas selfie didalam ruangan.

Sebagai sentuhan terakhir, Lenovo Vibe A hadir dengan menyematkan baterai Li-Po berkapasitas 1700 mAh pada bagian punggungnya. Kapasitas tersebut bahkan masih lebih kecil, dibandingkan Smartfren Andromax A yang telah menggunakan baterai Li-Ion dengan daya tapung energi hingga mencapai 1950 mAh.

Smartfren Andromax A
Copyright ©smartfren

Daftar Lengkap Spesifikasi Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A

Keterangan Lenovo Vibe A Smartfren Andromax A
Technology GSM / HSDPA GSM / WCDMA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 GSM
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 WCDMA 2100
4G Network LTE TDD B40 FDD B5/B26
Speed HSPA 21.1/5.76 Mbps LTE
GPRS Yes Yes
EDGE Yes Yes
Dimensions 124.5 x 64 x 10.6 mm 137 x 66 x 9 mm
Weight 132 gram
SIM Dual SIM GSM – GSM Dual Sim (CDMA-GSM)
Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors TFT capacitive touchscreen
Size 4.0 inches 4.5 inches
Resolution 480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density) 480 x 854 pixels
Multitouch Yes Yes
OS Android OS, v5.1 (Lollipop) Android Lollipop 5.0
Chipset Spreadtrum SC7731G Qualcomm Snapdragon 210
CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 Quad Core 1.1 Ghz Cortex-A7
GPU GPU Mali-400MP2 Adreno 304
Card slot microSD, up to 32 GB microSD, up to 32GB
Internal 4 GB, 512 MB RAM 8GB, 1GB RAM
Primary 5 MP, LED flash 5MP, Autofocus, LED Flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection Yes
Video 480p@30fps Yes
Secondary VGA 5 MP, Fixed Focus, LED Flash
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones Vibration, MP3, WAV ringtones
Loudspeaker 3.5mm jack 3.5mm jack
3.5mm jack Ya Ya
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot WiFi 802.11 /B/G/N
Bluetooth v2.1, A2DP 4.0 with A2DP support
GPS A-GPS A-GPS
Radio Yes Yes
USB microUSB v2.0 Micro-USB port Interface
Sensors accelerometer, proximity
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email SMS, MMS, Email, Push Email
Browser HTML HTML5
Photo/video editor Photo/video editor
Document viewer Document viewer
MP3 Player MP3 Player
Audio Record Audio Record
Battery Removable Li-Po 1700 mAh Li-Ion 1.950 mAh

Harga Lenovo Vibe A vs Harga Smartfren Andromax A

  • Harga Lenovo Vibe A                : Rp 649.000,-
  • Harga Smartfren Andromax A : Rp 649.000,-

Seperti yang kita bahas diatas, salah satu hal unik dari keduanya ialah Harga Lenovo Vibe A vs Harga Smartfren Andromax A yang dibanderol sama persis. Ditanah air, keduanya dipasarkan dengan nilai jual cukup terjangkau yakni hanya berkisar Rp 650 ribuan. Mengingat spesifikasi dan kemampuan yang juga hampir serupa, bukan tidak mungkin Lenovo Vibe A vs Smartfren Andromax A bakal banyak bersaing untuk menarik para pengguna smartphone kelas entry-level. Terlebih keduanya juga telah dapat dijumpai di berbagai gerai smartphone di Indonesia.

Baca Juga : Harga Smartfren Andromax A dan Spesifikasi, Smartphone 4G LTE Harga Murmer

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY