Kelebihan dan Kelemahan Samsung Z2, Smartphone Murmer Usung Sistem Operasi Tizen OS

1
6659
Samsung Z2
Copyright ©Samsung Z2

Harga Samsung Z2

Smeaker.comSemakin banyak majunya lini industri smartphone, tampaknya membuat tak sedikit vendor baru yang mulai merangsak naik dengan menyuguhan perangkat smartphone berspesifikasi kelas menengah keatas. Tak jarang pula, para vendor ternama tersebut hadir dengan menyuguhkan smartphone berkemampuan premium, dengan menyematkan berbagai komponen hardware tangguh yang dikombinasikan dengan beragam software terbaru. Tak terkecuali, vendor raksasa asal Korea Selatan, Samsung.

Salah satu kekuatan terbesarnya tahun ini, yakni Samsung Galaxy Note 7 contohnya. Namun sayangnya, hal tersebut tak berjalan dengan baik. Smartphone flagship terbaru Samsung tersebut harus mundur lebih awal, dikarenakan masalah baterai yang terus menimpanya. Sadar tak bisa terus mengandalkan Samsung Galaxy Note 7 sebagai senjata utama, Samsung pun meluncurkan sejumlah smartphone baru yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya untuk keperluan komunikasi, salah satunya Samsung Z2.

Diciptakan untuk menyasak pasar kalangan entry-level, Samsung Z2 hadir dengan spesifikasi yang bisa dibilang cukup menarik untuk dibahas. Dibanderol dengan harga senilai Rp 899 ribuan, Samsung Z2 tampaknya cukup sukses menarik minat para pengguna smartphone Samsung yang ada di tanah air. Nah, untuk anda yang mungkin juga tertarik dan ingin membeli smartphone Samsung Z2 satu ini. Kali ini kita akan mengulas lebih banyak, tentang apa saja yang disuguhkan Samsung Z2 dengan banderol harga yang cukup terjangkau tersebut.

Review Kelebihan dan Kelemahan Samsung Z2

  • Jaringan 4G LTE

Dimulai dari teknologi jaringan yang diusung Samsung Z2, smartphone entry level yang diciptakan Samsung ini telah hadir dengan mengusung sektor konektivitas internet yang terbilang cukup handal. Dipersenjatai teknologi 4G LTE Cat4 yang menjadi kekuatan utamanya, Samsung Z2 dikatakan mampu menghadirkan proses transfer data yang cukup mempuni dengan kecepatan maksimal hingga mencapai 150 Mbps.

Bukan hanya itu, Samsung Z2 juga masih akan dilengkapi dengan dua jaringan pendukung yang siap digunakan, jika anda mungkin tengah berada para area yang belum dapat menjankau jaringan 4G atau 3G. Mengusung fitur Dual-SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan, Samsung Z2 juga dibekali jaringan EDGE dan GPRS yang menjadi dua jaringan pendukungnya. Sebagai fungsi utamanya, tentu Samsung Z2 juga dapat difungsikan untuk berkirim pesan singkat serta melakukan panggilan suara dengan menggunakan jaringan mobile GSM.

  • Nyaman Dioperasikan

Berbeda dengan kebanyakan smartphone modern yang kebanyakan hadir dengan mengusung bentuk yang cukup besar. Samsung Z2, hadir dengan desain ‘mini’ yang nyaman dioperasikan dan disimpan dalam saku. Samsung Z2 diciptakan dengan rangka berdimensi hanya 121.5 x 63 x 10.8 mm, serta mempunyai bobot yang cukup ideal yakni 127 gram. Selain itu, tampilan rangka luar Samsung Z2 juga bisa dibilang cukup elegan dan tak kalah dengan smartphone lainnya yang diluncurkan Samsung sebelumnya.

Samsung Z2
Copyright ©Samsung Z2
  • Kerapatan Layar Cukup Mempuni

Kelebihan Samsung Z2 lainnya, ialah terbentangnya teknologi layar sentuh yang terbilang cukup mempuni. Dibentangkan dengan ukuran berdiagonal 4.0 inci, Samsung Z2 tentu bisa menjadi salah satu opsi pembelian smartphone yang menarik untuk anda yang mungkin kurang menyukai smartphone dengan bentang layar luas. Selain itu, layar Samsung Z2 juga mengusung resolusi layar yang cukup mempuni dengan ukuran 480 x 800 pixels. Dengan begitu, Samsung Z2 mampu menyuguhkan tampilan gambar yang kian jernih serta mempunyai tingkat kerapatan mencapai sekitar 233 ppi pixels density.

Namun, sayangnya yang akan menjadi panel layarnya Samsung Z2 masih menggunakan teknologi panel TFT capasitive touchecreen. Hal tersebut mungkin membuat Samsung Z2 masih kalah dengan para pesaingnya, yang sudah banyak menggunakan teknologi panel layar IPS LCD capasitive touchscreen. Selain itu, Samsung Z2 hanya mengusung teknologi warna dimana kedalamannya hanya mencapai 256K. Dimana mungkin bisa mempengaruhi kecemerlangan warna setiap gambar yang ditampilkan Samsung Z2.

  • Sistem Operasi Tizen OS

Seperti yang diketahui, Samsung Z-series sejatinya bukanlah smartphone yang dijalankan diatas sistem operasi Android. Seperti halnya sang pendahulu Samsung Z1, smartphone Samsung Z2 diciptakan dengan menggunakan sistem operasi baru bernama Tizen OS yang dikembangkan sendiri oleh Samsung. Kali ini, Samsung Z2 hadir dengan mengusung sistem operasi Tizen OS v2.4, yang dipastikan akan menampilkan pengalaman sektor antarmuka yang berbeda dari perangkat berbasis android.

  • Dapur Pacu Cukup Mempuni

Mengingat Samsung Z2 hanya dipasarkan dengan banderol harga yang bahkan kurang dari 1 jutaan. Samsung Z2 telah hadir dengan mengusung sejumlah komponen tangguh yang ditanamkan pada bagian dalamnya. Dipacu oleh chipset Spreadtrum SC9830, serta dibekali dengan CPU Quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.5 GHz. Tentu menjadi kekuatan yang cukup dapat diandalkan, untuk Samsung Z2 menghadirkan performa yang lebih cepat dan handal dalam menjalankan setiap aktivitas programingnya.

Selain itu, Samsung Z2 juga masih akan ditanamki GPU Mali-400MP2 yang dipadukan dengan memori utama berkapasitas 1 GB. Sehingga, Samsung Z2 tak hanya akan dapat diandalkan untuk menjalankan sejumlah aplikasi latar belakang secara bersamaan. Namun juga mampu menjalankan game berkualitas HD dengan lebih baik, serta menyuguhkan tampilan visual grafis yang lebih matang untuk ditampilkan pada bagian layar utamanya.

  • Ruang Penyimpanan Luas

Kelebihan Samsung Z2 selanjutnya, terletak pada bagian penyimpanan yang dikatakan mampu menampung berbagai file dengan kapasitas yang cukup besar. Menggunakan slot memori eksternal yang dibawanya, Samsung Z2 diklaim mampu menampung memori microSD hingga kapasitas maksimal hingga mencapai 200 GB. Dengan begitu, tentu para pengguna akan dapat dimungkinkan untuk menyimpan berbagai file dengan jumlah yang lebih banyak.

Pasalnya, hal tersebut tentunya juga tak luput untuk menambal Kelemahan Samsung Z2 yang sejatinya hanya hadir dengan memori internal berkapasitas hanya 8 GB. Meski begitu, kembali mengingat Harga Samsung Z2 yang dibanderol murah. Tampaknya hal yang wajar jika Samsung Z2 tak banyak memberikan ruang penyimpanan pada memori bawaan pabriknya. Sehingga, anda harus memanfaatkan fitur memori eksternal yang disediakan Samsung Z2.

Samsung Z2
Copyright ©Samsung Z2
  • Kamera Utama 5 MP

Dibanderol murah, tampaknya Samsung Z2 tak ingin megecewakan para penggunanya untuk urusan fotografi. Samsung Z2 kali ini hadir mengusung lensa kamera berkekuatan 5 MP, yang mana juga masih akan dilengkapi dengan aperture f/2.2. Selain itu, Samsung Z2 juga masih akan menyediakan fitur LED flash yang dikatakan mampu menyuguhkan tambahan cahaya kala penggunanya tengah melakukan pengambilan gambar pada area yang mempunyai intensitas cahaya rendah. Terlebih, kamera Samsung Z2 juga bakal dibekali kemampuan merekam video berkualitas HD setara 720p@30fps.

Sebagai perangkat smartphone kelas entry-level, Samsung Z2 bahkan juga tak lupa menyematkan fitur kamera depan yang dapat difungsikan untuk pengambilan foto selfie. Tak hanya itu, memaksimalkan layanan video call juga dipastikan lebih mudah dengan hasil yang cukup jernih. Dalam hal ini, kamera depan Samsung Z2 bakal ditanami lensa berkekuatan VGA dengan aperture f/2.4 yang membuatnya cukup dapat diandalkan.

Terlepas dari itu, Samsung Z2 bakal dibekali dengan teknologi baterai yang sebenarnya terbilang masih cukup kecil. Dengan menggunakan baterai Li-Ion berkapasitas 1500 mAh, bisa dibilang kapasitas baterai Samsung Z2 masih cukup kecil. Hal ini juga menjadi salah satu Kelemahan Samsung Z2 yang wajib anda ketahui sebelum memtuskan membelinya.

Nah, itulah kelebihan dan kelemahan Samsung Z2 yang mungkin bisa sedikit menjadi referensi untuk anda. Kesimpulannya, meski tak hanya fitur dan teknologi berkelas yang mungkin bisa anda dapatkan dari Samsung Z2. Setidaknya Samsung Z2 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik saat ini, untuk anda yang menginginkan smartphone murah berkualitas. Selain itu, kini Samsung Z2 juga telah mulai banyak beredar di Indonesia dan dapat ditemukan di gerai Samsung resmi maupun toko online yang bekerjasama dengannya. Harga Samsung Z2 dibanderol cukup terjangkau, yakni hanya mulai berkisar Rp 899.000,- Rupiah.

Baca Juga : Harga Samsung Z2 dan Spesifikasi, Smartphone Tizen OS Layar 4.0 Inci RAM 1 GB Banderol Harga 900 Ribu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY