Belum Dapat Ijin Dari Pengguna WhatsApp, Jerman Perintahkan Facebook (FB) Hentikan Pembagian Data !

0
983
WhatsApp
Copyright ©bbc / WhatsApp

Dapat Kecaman, Jerman Perintahkan FB Hentikan Aktivitas Berbagi Data Dengan WhatsApp !

Smeaker.comSalah satu media sosial terbesar saat ini, Facebook kembali mendapatkan ‘teguran’ dari pihak berwenang. Kali ini, tegurang datang dari pihak berwenang negara Jerman yang memerintahkan Facebook untuk menghapus data, seperti nomor telepon, dan data diri pengguna yang diterimanya dari anak perusahaannya, WhatsApp.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Facebook telah mengakuisisi aplikasi perpesanan WhatsApp semenjak dua tahun silam. Kini mereka mulai memanfaatkan WhatsApp untuk meningkatkan bisnis mereka dengan menyatukan data pengguna. Pada musim panas ini, facebook mengumumkan bahwa WhatsApp akan mulai memberikan nomor-nomor telepon penggunanya kepada media sosial yang identik dengan warna birunya tersebut.

Namun, kebijakan baru WhatsApp dan FB tersebut tampaknya mendapat ganjalan dari Komisaris Hamburg untuk perlindungan data. Dalam keterangannya, ia mengatakan “Facebook belum mendapat persetujuan dari pengguna WhatsApp, dan tidak ada dasar hukum untuk penerimaan data”.

WhatsApp
Copyright ©WhatsApp

Menanggapi hal tersebut, kantor Facebook yang beroperasi di Hamburg, Jerman pun kabarnya mempertanyakan putusan yang dilontarkan pihak berwenang Jerman tersebut. Dalam pembelaannya, FB berdalih jika mereka telah mematuhi hukum perlindungan data di Uni Eropa. Komentar itupun dilayangkan FB yang dikirim melalui email ke kantor berita The Associated Press.

Sebagai informasi, sebelum ini FB bahkan diketahui bukan pertama kalinya mendapatkan tantangan dari pihak berwenang Jerman soal pembagian data. Perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat tersebut telah beberapa kali mendapatkan teguran dan pemerintah Jerman. Sedangkan seperti yang kita tahu sendiri, Jerman merupakan negara dengan peraturan hukum yang ketat terkait dengan data pribadi dan kekayaan intelektual.

Hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut tentang langkah apa yang akan diambil oleh masing-masing pihak. Yang jelas, untuk sementara waktu aktivitas berbagi data dari WhatsApp ke FB di Jerman tampaknya tak akan berjalan mulus, sesuai dengan yang telah direncanakan FB sebelumnya.

Baca Juga : Update Resmi Meluncur, WhatsApp Sertakan Fitur ‘Mention’ Kontak !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY