Uji Kehandalan Sistem Operasi ‘Kawin Silang’, Google Pasangkan ‘Andromeda’ di Nexus 9 ?

0
802
Nexus 9
Copyright ©9to5google / Nexus 9

Tengah Sibuk Uji Coba, Google Disebut Bakal Pasangan Andromeda di Nexus 9 !

Smeaker.comGoogle kabarnya tengah bersiap menyelenggarakan sebuah acara pada tanggal 4 Oktober 2016 mendatang. Acara tersebut bahkan dikatakan akan menjadi ajang perkenalan untuk dua smartphone teranyar Google yang tak lain ialah Pixel dan Pixel XL.

Namun informasi terbaru yang mencuat ke dunia maya, justru menyebutkan jika dalam acara tersebut Google akan memperkenalkan sistem operasi baru. OS tersebut diketahui merupakan hasil kombinasi dari sistem Android dengan Chrome OS, yang diperkenalkan dengan nama Andromeda.

Bocoran rumor tersebut diketahui pertama kali dari 9to5Google, yang mengemukakan jika Andromeda akan mempunyai referensi yang tak berbeda dari sistem Android terbaru v7.0, Nougat AOSP. Menariknya, bocoran tentang uji coba sistem operasi baru tersebut juga dikatakan telah dipasangkan pada tablet besutan HTC, Nexus 9.

Seperti yang dilansir PhoneArena, kehadiran sistem operasi ini juga diperkuat dengan ditemukannya file bernama ‘Surface Composition Test.java’. File tersebut biasanya digunakan untuk menguji kemampuan grafis yang disuguhkan sebuah perangkat. Berdasarkan informasi itupun, diprediksi Andromeda bakal membutuhkan perangkat dengan niai 8.0 atau lebih untuk kemampuan grafisnya. Sedangkan untuk saat ini, banyak perangkat android yang hanya mempunyai nilai minimum 4.0.

Nexus 9
Copyright ©techcrunch / Nexus 9

Dengan demikian, sistem operasi Andromeda sejatinya memang banyak diprediksi hanya untuk dipasangkan pada perangkat dengan kemampuan grafis tinggi saja. Sementara hasil pengujian yang dilakukan pada Nexus 9 yang menggunakan OS Andromeda, mencatatkan nilai hingga 8,8. Dengan kata lain, perangkat tersebut memang telah memenuhi syarat untuk menggunakan Andromeda.

Meski begitu, hal ini tentu bukan berarti seluruh perangkat Nexus 9 nantinya bakal bisa menjalankan Andromeda. Pasalnya, tablet Nexus 9 sendiri merupakan perangkat lawas yang diproduksi HTC. Kemungkinan tablet tersebut memang digunakan sebagai tahap uji coba, sebelum akhirnya Google meresmikan keberadaan OS Andromeda secara global.

Selain akan mempunyai grafis yang tinggi, sistem operasi Andromeda ini juga dikatakan bakal mempunyai kemampuan istimewa multi-windows. Prediksi itu didasarkan pada temuan kode di Andromeda yang menunjukkan pada pernyataan free-from windows management.

Baca Juga : Google Gandeng Huawei Siapkan Tablet 7 Inchi Dengan RAM 4 GB !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY