Kompetisi Pasar Smartphone Makin Sulit, Lenovo Rumahkan Lebih Dari 1.000 Karyawan ?

0
2992
Lenovo
Copyright ©tekno.kompas / Lenovo

Kurangi Pengeluaran, Lenovo Siap Pensiunkan Lebih Dari 100 Karyawan !

Smeaker.comLenovo, hari ini kembali meluncuran pernyataan mengejutkan tentang rencana mereka untuk merampingkan perusahaan. Lenovo mengkonfirmasi jika mereka dalam waktu dekat bakal mempensiunkan dini hingga sekitar 1.100 orang pekerjanya, kurang dari dua persen dari total 55.000 pekerjanya diseluruh dunia. Sebagian besar dari para pekerja yang dipecat Lenovo, ialah mereka yang bekerja di divisi smartphone Motorola Mobility.

Dalam sebuah pernyataan resminya, Lenovo mengatakan jika pemecatan kali ini merupakan bagian dari integerasi strategis antara Lenovo dan divisi smartphone Motorola yang telah diakuisisnya. Hal tersebut juga didasari oleh usaha Lenovo untuk merampingkan portofolio produk mereka. Tujuannya, tentu Lenovo ingin lebih siap untuk bersaing di pasar smartphone dunia.

Lenovo menuturkan, pemecatan ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan keuangan perusahaan Lenovo dalam jangka panjang nantinya. Sebelum ini, Lenovo juga dilaporkan telah mengurangi pekerjanya hingga 3.200 orang karena ketidakstabilan ekonomi global pada tahun 2015 lalu, fluktuasi nilai mata uang, penurunan permintaan PC, serta semakin sulitnya kompetisi di asar smartphone.

Lenovo
Copyright ©technobuffalo / Lenovo

Dalam sebuah pernyataannya tahun lalu, Lenovo menegaskan jika pemecatan yang mempengaruhi pekerja non-manufaktur mereka tersebut, akan dapat menghemat anggaran gaji hingga mencapai nilai USD 1.35 miliar atau setara Rp 17,5 triliun per tahunnya.  Sementara terkait pemecatan kali ini, Lenovo mengumumkannya setelah mengetahui penghasilan mereka pada kuartal ke dua yang berakhir pada bulan Juni lalu hanya mencapai USD 10.1 miliar atau setara Rp 130,7 triliun. Atau, tercatat turun hingga 6 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dikuartal yang sama.

Sementara itu, beredar pula kabar yang menyebut jika lebih dari 50 persen pekerja Motorola yang berdomisili di Amerika Serikat telah lebih dulu diistirahatkan. Namun, Lenovo menuturkan jika mereka akan membiarkan markas Motorola Mobility yang ada di Chicago. Hal tersebut sekaligus membantah kabar yang menyebutkan, jika Lenovo berencana memindahkan pekerja Motorola ke North Carolina, dimana tak lain ialah markas besar Lenovo di AS.

Baca Juga : Cukup Mendapatkan Nama di Lini Smartphone, Lenovo Kini Luncurkan 5 Produk PC dan Laptop Gaming Terbaru !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY