Ini Dia, 4 Pelajaran Bisnis dari Sukses ‘Pokemon Go’ !

0
841
pokemon go
Copyright ©pokemon go

4 Pelajaran Bisnis Yang Diajarkan Game Pokemon Go, Apa Saja ?

Smeaker.comSemenjak kemunculannya pertama kali pada pertengahan tahun 2016 lalu, Pokemon Go menjadi salah satu game paling populer hampir diseluruh belahan dunia. Salah satu daya tariknya, tentu ialah penggunaan teknologi berbasis augmented reality yang membuat Pokemon Go berbeda dengan game lainnya yang pernah juga populer.

Nah, taukah kamu jika pembaruan game Pokemon Go ini rupanya juga membawa inspirasi untuk sebuah perkembangan bisnis. Benarkah? Yups, setidaknya ada 4 pelajaran penting tentang bisnis yang bisa kita ambil dari game Pokemon Go tersebut. Berikut, empat pelajaran penting yang bisa kita dapatkan dari Pokemon Go.

  1. Mewujudkan Mimpi

Kesuksesan Pokemon Go, tentu tak lepas dari kisah para trainer untuk mencari dan mengumpulkan Pokemon demi mewujudkan keinginan menjadi seorang Pokemon Master. Berawal dari situlah, imajinasi dan keinginan para pecinta Pokemon berhasil diwujudkan para pengembang game Pokemon Go. Dengan mewujudkan keberadaan karakter Pokemon di dunia nyata menggunakan teknologi augmented reality, Niantic Labs juga mengajak para penggemar Pokemon mewujudkan mimpi masa kecil mereka untuk berpetualang menjadi seorang Pokemon Mastter dan mengumpulkan berbagai karakter Poket Monster di dunia nyata.

  1. Inovasi dan Kreativitas

Dalam sebuah bisnis, tentu inovasi dan kreativitas menjadi dua  komponen paling penting untuk memajukan bisnis. Tanpa keduanya, bisnis terasa hambar dan tentu akan cepat berlalu. Berkaca pada kesuksesan Pokemon Go, tentu ialah karena adanya fitur augmented reality yang memanfaatkan lokasi di dunia nyata, mengajak para pemain untuk bergerak, dan saling mengenal di dunia nyata. Hal ini bisa kita pandang sebagai sebuah inovasi yang kreatif, dimana saat kebanyakan game hanya bisa dimainkan dengan cara biasa, Pokemon Go bisa menyuguhkan hal yang berbeda.

pokemon go
Copyright ©pokemon go
  1. Mendengarkan Keluhan Konsumen

Pelajaran penting ketiga dari Pokemon Go, ialah mendengarkan keluhan konsumen. Niantic selaku pengembang Pokemon Go terlebih dahulu melakukan berbagai survei, yakni meluncurkan Pokemon Go versi beta terhadap sejumlah calon konsumen di Jepang, Australia, Amerika Serikat dan Selandia Baru. Niantic kemudian meneliti tentang kekurangan dari game Pokemon Go, sebelum meluncurkannya secara global.

Nah, langkah tersebut dapat dicontoh untuk kamu yang sedang ingin membangun bisnis. Lakukan survei terhadap prosuk yang ingin dikeluarkan, cari tahun tentang kekurangannya dari pendapat para konsumen dan mengevaluasi kekurangannya. Setelah itu, anda bisa meluncurkan produk dengan lebih matang.

  1. Terus Berkembang

Yang terakhir, tentu bisnis yang anda dirikan jangan sampai mengalami ‘jalan ditempat’. Layaknya Pokemon Go yang terus berkembang dan menghadirkan berbagai fitur baru untuk para pemainnya, bisnis anda juga harus terus menyuguhkan hal baru dan mengembangkannya. Pencarian ide untuk mengembangkan suatu bisnis tak boleh berhenti, jika anda tak ingin konsumen perlahan berkurang karena hal yang itu-itu saja.

Baca Juga : YouTuber Kondang Ini Terancam 5 Tahun Penjara, Saat Sengaja Main Pokemon Go Di Tempat Ibadah !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY