Dibongkar, Harga Produksi iPhone 7 Terkuak Ke Publik, Berapa?

0
2329
iPhone 7
Copyright ©makemac / iPhone 7

Terungkap, Inilah Harga Produksi iPhone 7 Sebenarnya !

Smeaker.comSeperti yang sudah-sudah, perusahaan riset dan analis IHS Markit melakukan pembedahan smartphone terbaru Apple, guna menaksir harga komponen perangkat tersebut. Kali ini, giliran IHS Markit membongkar iPhone 7 yang secara resmi baru saja dirilis pada awal September tahun 2016 ini.

Alhasil seperti yang dirangkum oleh Routers, IHS Markit memperkirakan harga produksi atau Bill Of Materials iPhone 7 ialah senilai 224,80 US Dollar atau setara dengan sekitar Rp 3 juta rupiah. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya manufacturing cost senilai 5 US Dollar. Jika dibandingkan dengan produk sebelumnya yakni iPhone 6s, harga produksi iPhone 7 meningkat senilai 36,89 US Dollar.

Sementara untuk pemasarannya sendiri, iPhone 7 dijual dengan banderol paling murah senilai 649 US Dollar atau setara Rp 8,5 juta untuk versi memori internal 32GB. dari hasil tersebut, IHS Markit memberikan kesimpulan jika perkiraan harga bahan baku yang digunakan Apple untuk menciptakan iPhone 7 setara dengan Samsung. Namun, margin yang diperoleh Apple mencatatan jumlah yang lebih besar dari kompetitornya tersebut.

iPhone 7
Copyright ©tekno.kompas / iPhone 7

Sebagai rincian, salah satu komponen termahal yang ditanamkan pada iPhone 7 kali ini menurut taksiran IHS Markit, ialah layar IPS LCD 4,7 inci yang didapatkan dengan harga 39 US Dollar. Chipset A10 yang harganya diperkirakan 26 US Dollar, serta unit baterai 1.960 mAh yang hanya 2,5 US Dollar atau kurang dari Rp 50.000 rupiah.

Meski begitu, perlu diingat jika perkiraan harga komponen iPhone 7 tersebut belum termasuk komponen biaya lainnya, seperti riset dan pengembangan, pemasaran, distribusi, serta pajak yang dikenakan pada setiap unit iPhone 7 yang dipasarkan.

Namun tetap saja, seperti yang diterangkan oleh IHS Markit, Apple diprediksi berhasil menarik keuntungan cukup besar. Estimasi jumlahnya setidaknya mencapai 250 US Dollar atau setara Rp 3,2 juta per unit iPhone 7 yang berhasil terjual. Sementara itu, IHS Markit belum melakukan pembongkaran terhadap iPhone 7 Plus, yang sejatinya mempunyai spesifikasi lebih tinggi dari iPhone 7.

Baca Juga : iPhone 7 Keluarkan Suara Desisan Kala Proses Loading, Ada Masalah ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY