Jean Batten, Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini Dalam Rangka Peringati Ulang Tahun Ke-107 !

0
1094
Jean Batten 107th Birthday
Copyright ©google / Jean Batten 107th Birthday

Google Doodle Hari Ini : Peringati Hari Lahir Jean Batten, Sosok Penerbang Wanita Pertama

Smeaker.comSeperti biasa, Google memang kerap menghadirkan animasi doodle pada bagian laman pencarian utamanya guna memperingati sebuah hari penting dan bersejarah. Hari ini, tepatnya tanggal 15 September 2016 Google kembali menghadirkan sosok penting yang dikenal sebagai Jean Batten, siapa dia?

Yups, Jean Batten merupakan salah seorang penerbang terbaik dan terkenal yang dimiliki negara Selandia Baru pada tahun 1930an silam. Jean Batten adalah seorang penerbang wanita berskala internasional dengan segudang prestasi yang ditorehkannya. Jean Batten juga tercatat dalam sejarah sebagai pemecah rekor penerbangan tunggal di seluruh dunia.

Pada tahun 1936 silam, Jean Batten melakukan penerbangan  solo pertama dari negara Inggris menuju ke Selandia Baru. Sedikit tentang latar belakang Jean Batten, orang tuanya yang bernama Frederick Battten, merupakan seorang ahli bedah gigi. Serta sang ibu yang bernama Ellen Batten, adalah seorang yang kelak menjadi pendukung utama untuk Jean Batten memilih karir menjadi seorang penerbang.

Jean Batten
Copyright ©omediapc / Jean Batten

Pada tahun 1913, keluarga Jean Batten memutuskan pindah ke Auckland. Di waktu mudanya, Jean Batten merupakan seorang gadis manis yang mempunyai minat dan bakat yang besar dalam bermain musik, ia pun sempat belajar tari balet dab piano. Jean Batten sebelumnya adalah pianis berbakat, hingga akhirnya memasuki umur 18 tahun ia memutuskan untuk beralih menjadi seorang pilot, setelah seorang pilot asal Australia bernama Charles Kingsford Smith membawanya dalam sebuah penerbangan di pesawat Southern Cross.

Semenjak tahun 1922, Jean Batten bersama dengan ibunya pindah ke Inggris untuk melanjutkan cita-citanya menjadi penerbang. Jean Batten pun memtuskan untuk bergabung dengan London Aeroplane Club. Jean Batten melakukan penerbangan solo pertamanya pada tahun 1930, setelah mendapatkan lisensi pribadi dan komersial pada tahun 1932.

Jean Batten memperoleh dana dengan cara meminjam uang sebesar 500 Pondsterling dari Fred Truman, seorang pilot asal Selandia Baru yang ternyata menaruh hat kepada Jean Batten. Hingga akhirnya, pada tahun 1938 Jean Batten dianugerahi penghargaan oleh Federation Internationale Aeronautqiue, yang merupakan penghargaan kehormatan tertinggi di dunia penerbangan.

Baca Juga : Google Doodle Hari Ini : Semarakkan Semangat Para Atlet Difabel di Paralimpiade 2016 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here