Ikuti Jejak iPhone, Ponsel Xiaomi Makin Merosot Di Pasaran, Kenapa ?

0
3991
Ikuti Jejak iPhone, Ponsel Xiaomi Makin Merosot Di Pasaran, Kenapa ?

Penjualan Xiaomi Merosot Dipasaran, Kenapa Ya ?

Smeaker.comKuartal kedua tahun 2016 tampaknya menjadi momok untuk beberapa vendor smartphone ternama. Jika sebelumnya nama Apple diketahui mengalami penurunan dalam hal penjualan smartphone, kali ini giliran vendor kenamaan asal Tiongkok Xiaomi yang juga mengalami hal serupa.

Sebelumnya, tercatat sejak kuartal pertama tahun ini Xiaomi memang telah terdepak dari daftar lima besar vendor smartphone yang mempunyai rekor penjualan perangkat terbanyak. Posisi Xiaomi dan Lenovo digantikan dengan dua pesaing lainnya yang tak lain juga berasal dari Negara yang sama, yakni Vivo dan Oppo.Kini, bahkan performa bisnis Xiaomi kian menurun. Bahkan, berdasarkan laporan penjualan terbaru yang dicatatkan Xiaomi, penjualan lini ponselnya kembali turun hingga mencapai 30 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Ikuti Jejak iPhone, Ponsel Xiaomi Makin Merosot Di Pasaran, Kenapa ?

Jika mengingat tahun 2015 lalu, Xiaomi sukses meraup market share hingga sebesar 17,1 persen. Namun, kini bahkan angka yang didapatkan Xiaomi bahkan disebut tak sampai sepertiganya. Namun, sayang ya tak ada penjabaran secara lebih rinci tentang berapa tepatnya market share yang didapatkan Xiaomi periode ini, beserta angka rill dari penjualan produknya.

Yang pasti, kini Vivo ada pada urutan kelima sebagai vendor yang berhasil melakukan penjualan terbesar tersebut hanya meraup market share sebesar 4,8 persen. Xiaomi sendiri tergabung dalam daftar vendor ‘Other’ yang menempati urutan diluar lima besar. Dari gabungan itu sendiri menyumbang market share yang cukup besar, yakni hingga mencapai 45,1 persen.

Faktanya, masalah ini tampaknya bisa dibilang cukup ironis untuk Xiaomi sendiri, mengingat mereka sebelumnya juga sempat memimpin industri ponsel pintar China selama beberapa kuartal. Sayangnya, kejayaan tersebut tak dapat bertahan lebih lama lagi. Menyikapi hal tersebut, Xiaohan Tay selaku analis senior dari IDC APAC mengatakan, jika vendor-vendor yang sekarang baru menanjak perlu waspada dan belajar dari situasi Xiaomi saat ini. Pasalnya, khalayak modern sendiri memang agaknya sangat cepat beralih kebiasaan dan ketertarikan.

Baca Juga : Xiaomi Mi Note 2 Hadir Usung Layar Curved Screen Glass ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here