Pokemon Go Bisa Jadi Ancaman Sebuah Negara Jika  . . .

0
1243
Pokemon Go Bisa Jadi Ancaman Sebuah Negara Jika  . . .

Direktur BIN : “Pokemon Go Bisa Jadi Ancaman Negara !”

Smeaker.comSundawan selaku Direktur Informasi Badan Intelijen Negara (BIN) menuturkan, jika banyaknya masyarakat yang bermain game Pokemon Go saat ini belum dapat dikatakan sebagai ancaman untuk sebuah Negara. Menurutnya, saat ini permainan berburu monster di dunia nyata tersebut kini masih masuk dalam kategori gangguan.

Dalam penuturannya kepada media, Sundawan mengatakan “Gini, kalau saya lihat ini masih sebatas euforia. Pimpinan mengatakan bahwa Pokemon Go berpotensi menimbulkan gangguan. Mungkin belum mencapai tingkat ancaman, karena itu fluktuatif, jadi tingkatnya dari gangguan, hambatan, dan ancaman”.

Meskipun begitu, ia juga menyampaikan jika yang bermain Pokemon Go tersebut datang dari pihak vital yang mempunyai kepentingan tertentu, permainan tersebut bisa saja dianggap sebagai ancaman. Hal yang ditakutkan, ialah pihak intelejen Negara lain yang memanfaatkan game Pokemon Go untuk melakukan pemetaan kekuatan serta mencuri informasi penting dari suatu Negara.

Pokemon Go Bisa Jadi Ancaman Sebuah Negara Jika  . . .

Pasalnya, seperti yang kita tahu sendiri game Pokemon Go memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS) serta kamera ponsel pribadi milik pemain. Yang dikawatirkan ialah jika nantinya informasi penting tersebut akan dapat terekam melalui permainan Pokemon Go dan dimanfaatkan intelijen untuk kepentingan khusus.

Sundawan juga menilai jika langkah pemerintah Indonesia yang meluncurkan larangan bermain Pokemon Go di objek vital, bukanlah hal berlebihan dengan tanpa alasan yang jelas. Menurutnya, kala Pokemon Go pertama kali diluncurkan pihak developer juga telah melampirkan syarat dan ketentuan untuk masyarakat yang hendak memainkannya.

Dalam syarat dan ketentuan yang dimaksud tersebut, tertuang bahwa Pokemon Go tidak boleh mengganggu di ruang publik, tidak boleh mengganggu privasi seseorang, serta tidak diperbolehkan untuk dimainkan di obyek vital. “Ini bukan tindakan berlebihan. Jadi BIN menyampaikan hal ini bukan untuk menakuti masyarakat, tetapi untuk mengedukasi masyarakat” tutup Sundawan.

Baca Juga : Niantic : “Jika Akun Pokemon Go Jadi Korban Salah Blokir, Jangan Protes Lewat MedSos” !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here