Walau Dihapus, Pesan Di WhatsApp Masih Tetep Bisa Dibuka Lho !

0
1797
Walau Dihapus, Pesan Di WhatsApp Masih Tetep Bisa Dibuka Lho !

Tak Sepenuhnya Terhapus, Ternyata Pesan Di WhatsApp Masih Bisa Dibuka Loh !

Smeaker.comKamu pengguna WhatsApp? Mungkin sebagian dari kamu belum tahu jika sebenarnya obrolan di WhatsApp tak akan sepenuhnya terhapus, meskipun penggunanya telah menekan tombol ‘Delete Chat’ yang sejatinya memang untuk menghapus pesan. Obrolan tersebut bakal tetap ada dan tersimpan dalam bentuk log yang juga masih bisa dipulihkan.

Hal tersebut terungkap dari seorang peneliti sistem operasi iOS, bernama Jonathan Zdziarski. Penyebabnya, datang dari masalah SQLite Library yang digunakan dalam menyusun kode-kode program aplikasi yang mengoperasikan WhatsApp. Mestinya, kala pengguna menekan tombol ‘Delete Chat’ WhatsApp bakal memproses dengan menghapus dan menulis ulang pada data percakapan yang dipilih.

Namun, yang ada ternyata bukanlah demikian. Setelah penggunanya menekan tombol ‘Delete Chat’, data yang ada pada obrolan WhatsApp hanya akan ditandai sebagai data yang terhapus. Namun, sistem WhatsApp tak melakukan penulisan ulang (Overwrite) dari data obrolan yang ada. Sehingga, tanpa melakukan overwrite tersebut WhatsApp masih akan menyimpan obrolan yang ditandai dihapus tersebut.

Walau Dihapus, Pesan Di WhatsApp Masih Tetep Bisa Dibuka Lho !

Dengan kata lain, data dari obrolan yang dihapus tersebut masih akan dapat dipulihkan lagi dengan menggunakan alat forensic khusus. Selain itu, Zdziarski juga menemukan tentang data percakapan yang berada di memori ponsel atau iCloud juga tak cukup terlindungi. Dengan kata lain, mestinya pihak kepolisisan yang melakukan penyelidikan dan membutuhkan data percakapan tersebut bisa memintanya langsung kepada pihak WhatsApp.

Pasalnya, meskipun percakapan tersebut telah dihapus sekalipun akan masih memungkinkan untuk dipulihkan dan dibaca kembali. Sedangkan perlu diketahui, selama ini WhatsApp dikatakan telah memasangkan enkripsi untuk melindungi privasi para penggunanya. Mereka bahkan telah memasangkan enkripsi tersebut keseluruh jalur data yang berisi percakapan antar penggunanya.

Namun nyatanya menurut pengamatan berbeda yang ditemukan Zdziarski, enkripsi yang terpasang pada WhatsApp tersebut hanya berlaku untuk mengamankan pengguna dari masalah penyadapan. Baik itu dari pihak operator maupun pihak lainnya.

Baca Juga : Begini Lho Cara Ganti Font Percakapan Di WhatsApp, Simak Yuuk !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here