Cara Ampuh Amankan Data Saat Terjadi Serangan Ransomware !

0
2311
Cara Ampuh Amankan Data Saat Terjadi Serangan Ransomware !

Tips Cara Amankan Data Saat Ransomware Menyerang !

Smeaker.comSegmen bisnis kini tengah berada pada kondisi waspada dengan banyaknya kejahatan dunia maya yang tengah terjadi, salah satunya dikenal dengan nama Ransomware. Menurut laporan yang dirilis Kaspersky Lab berdasarkan Kaspersky Security Network (KSN), jumlah serangan yang terjadi selama periode tahun 2015 hingga 2016 meningkat hingga enam kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni setara dari 27.000 menjadi 158.000.

Fakta tersebut juga menunjukkan jika Ransomware mencoba untuk mengenkripsi data setiap satu dari sepuluh pengguna B2B. Para penjahat dunia maya tersebut kerap meluncurkan serangan mereka kepada perusahaan kecil dan menengah. Untuk itu, para ahli Kaspersky Lab mengutarakan kepada para pelaku usaha tersebut untuk melakukan langkah-langkah berikut sebagai Cara Amankan Data Saat Ransomware.

Cara Amankan Data Saat Ransomware yang pertama, ialah dengan membuat cadangan atau salinan dari semua file penting secara regular. Perusahaan harusnya mempunyai dua backup data, satu di Cloud dan satu lagi dapat diamankan di server tambahan.

Cara Ampuh Amankan Data Saat Terjadi Serangan Ransomware !

Kedua, selalu gunakan penyedia layanan terkenal dan terpercaya yang berinvestasi untuk keamanan. Biasanya mereka juga bisa memberikan rekomendasi keamanan pada website perusahaan. Selain itu, mereka juga mampu menerbitkan audit mengenai keamanan yang terdapat pada infrastruktur cloud dari pihak ketiga.

Cara Amankan Data Saat Ransomware Ketiga, hindari penggunaan layanan keamanan dan perangkat lunak anti-malware yang ditawarkan secara gratis. Pasalnya, solusi keamanan gratis tersebut hanya akan memberikan perlindungan dasar, namun sering kali mereka gagal untuk memberikan dukungan kemananan yang berlapis. Sehingga, Ransomware masih dapat membobolnya.

Keempat, ialah dengan rajin memperbarui OS, browser, anti-virus, serta aplikasi lainnya guna meningkatkan keamanan. Sebab para cybercrime tersebut sering kali memanfaatkan kerentanan dalam perangkat lunak yang paling populer guna menginfeksi penggunanya.

Cara Amankan Data Saat Ransomware yang terakhir, ialah dengan mencegah situasi genting terhadap TI. Mengundang ahli TI untuk membantu mengkonfigurasi solusi keamanan perusahaan merupakan langkah yang baik untuk melindungi database yang rentan terhadap malware.

Baca Juga : Awas . .Indonesia Jadi Negara Yang Berpotensi Kuat Akan Kena Serangan Ransomware !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here