Awas . .Indonesia Jadi Negara Yang Berpotensi Kuat Akan Kena Serangan Ransomware !

0
912
Cara Ampuh Amankan Data Saat Terjadi Serangan Ransomware !

Waspada, Indonesia Jadi Negara Yang Berpotensi Mendapatkan Gangguan Ransomware !

Smeaker.comIndonesia, dikabarkan menjadi salah satu Negara yang mempunyai pontensi besar terkenal serangan Ransomware. Hal tersebut terungkap, setelah meneliti hasil survey mengenai Ransomware yang dilakukan Symantec pada bulan Januari 2015 hingga April 2016 lalu. Hal serupa juga dijelaskan oleh Director Asia Consumer Business Norton by Symantec, Choon Hong Chee. Ia mengatakan jika Indonesia berada pada urutan ke-13 sebagai Negara yang paling banyak mendapatkan serangan Ransomware.

Tak hanya Indonesia, sejumlah Negara lainnya yang juga rentan terkena gangguan dari Ransomware tersebut ialah sejumlah Negara besar layaknya Amerika Serikat, Italia, Belanda, Jerman, Inggris, Kanada, Belgia, India hingga Autralia. Dari hasil survey tersebut juga menerangkan jika angka infeksi Ransomware terus meningkat tiap tahunnya dengan ditemukannya 100 kelompok Ransomware.

Ada pula untuk sektor bisnis yang diserang Ransomware, kebanyakan ialah sektor jasa yang mengantongi presentasi serangan hingga 38 persen di seluruh dunia. Sedangkan sektor kedua yang tercatat paling banyak menerima serangan ialah sektor manufaktur dengan 17 persen, disusul sektor keuangan, asuransi, properti, serta administrasi publik sebesar 10 persen.

Awas . .Indonesia Jadi Negara Yang Berpotensi Kuat Akan Kena Serangan Ransomware !

Chee mengatakan, serangan Ransomware yang dilayangkan terhadap perusahaan tersebut bakal berpotensi menginfeksi ribuan computer. Sehingga, dapat menyebabkan gangguan operasional dan kerugian yang besar. Sementara itu korban Ransomware tak hanya dari kalangan organisasi, bahkan angak lebih banyak terdapat pada kalangan konsumen dengan total serangan hinggga mencapai 57 persen.

Tak hanya itu, Ransomware di masa yang akan datang juga mempunyai potensi menyerang computer pribadi, berbagai platform smartphone, hingga perangkat wearable. Untuk itu, dalam penuturannya Chee menyarankan untuk menggunakan password yang rumit serta tak mudah untuk ditebak. Selain itu, untuk para pengguna internet Chee juga menghimbau agar pengguna tak sembarangan mengklik sebuah tautan atau link.

Terlebih, ia juga mengatakan jika pengguna senantiasa melapisi teknologinya dengan antivirus, waspada dengan berbagai hal yang mencurigakan para komputer, serta mengamankan data-data penting yang baik bersifat pribadi atau organisasi.

Baca Juga : Sudah Merasa Tak Aman, Twitter Himbau Penggunanya Segera Ganti Password !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here