Kenapa Banyak Masjid Dijadikan PokeStop pada Pokemon Go? Ternyata Ini Alasannya !

0
9781
Kenapa Banyak Masjid Dijadikan PokeStop pada Pokemon Go? Ternyata Ini Alasannya !

Ini Alasan Pokemon Go Banyak Menggunakan Tempat Ibadah Sebagai PokeStop

Smeaker.comSiapa yang tak kenal dengan nama permainan Pokemon Go, yang kini tengah banyak dimainkan di Indonesia. Meskipun belum ada keterangan resmi dari Niantic tentang keberadaannya di Asia, Pokemon Go memang diketahui telah banyak dimainkan di Tanh Air. Hal tersebut tentu karena daya tarik Pokemon Go yang mengharuskan para pemainnya berburu karakter Pokemon mengandalkan jarigan GPS.

Untuk kamu yang sudah main Pokemon Go, tentu taka sing dengan beberapa titik tertentu dalam game Pokemon Go yang disebut dengan PokeStop. Menariknya, PokeStop yang berfungsi sebagai tempat untuk mendapatkan item gratis tersebut justru banyak yang mendeteksi tempat ibadah, seperti halnya Masjid, Gereja, hingga Wihara.

Lantas, kenapa yah al tersebut dapat terjadi? Sebagai informasi, Niantic sebelum meluncurkan game Pokemon Go ternyata juga telah sukses dengan game berbasis lokasi lainnya yang dikenal dengan sebutan Ingress pada tahun 2012 lalu. Nah, dari data game tersebutlah akhirnya Pokemon Go juga memberlakukan titik-titik itu tersebut sebagai PokeStop.

Kenapa Banyak Masjid Dijadikan PokeStop pada Pokemon Go? Ternyata Ini Alasannya !

Hal yang serupa dibenarkan Muhammad Sulham selaku admin Fanspage Pokemon Go Indonesia kepada media. Ia mengatakan jika sebenarnya titik PokeStop di Masjid atau tempat ibadah lainnya tersebut ialah berdasarkan patokan data dari game Ingress. Pada game Ingress tersebut titik-titik tersebut bernama checkpoints. Menariknya, setiap checkpoints tersebut dibuat sendiri oleh para pemain Ingress lengkap dengan foto dan informasi alamatnya.

Sulham menambahkan, berhubung para pemain Ingress tersebut banyak yang mencantumkan tempat ibadah sebagai titik checkpoints maka wajar ketikan data yang sebelumnya sudah dikumpulkan tersebut kembali digunakan Niantic untuk game Pokemon Go. Hal tersebut juga dibenarkan oleh situs resmi Ingress yang menjelaskan secara lengkap bagaimana checkpoints tersebut dapat berupa lokasi yang mempunyai sejarah, nilai edukasi, serta berbagai keunikan lainnya. Jadi, tak salahkan jika Pokemon Go menggunakannya sebagai titik PokeStop. Sehingga, para pemain akan lebih mengenal tempat bersejarah seperti itu.

Baca Juga : Tips Hemat Baterai Saat Asyik Bermain Pokemon Go !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here