FB Messenger Siapkan Enkripsi Guna Menjamin Keamanan Percakapan Para Penggunanya !

0
1769
FB Messenger Siapkan Enkripsi Guna Menjamin Keamanan Percakapan Para Penggunanya !

FB Messenger Pastikan Percakapan Para Pengguna Tetap ‘Rahasia’

Smeaker.com – FB Messenger, bekalangan dikabarkan bakal menyuguhkan pengamanan yang lebih kuat untuk melindungi privasi para penggunanya. FB Messenger disebut bakal lebih sulit diintip, lantaran perusahaan media sosial terbesar saat ini yang menjadi induknya, yakni Facebook bakal menambahkan dua fitur baru guna meningkatkan kerahasiaan percakapan penggunanya.

Tak lain, dua fitur yang dimaksud tersebut ialah ankripsi end-to-end serta yang tak kalah menariknya, ialah pesan yang dapat menghilang dengan sendirinya. Dikatakan, enkripsi yang akan dipasangkan pada FB Messenger tersebut akan serupa dengan yang pernah diterapkan juga pihak Facebook pada aplikasi perpesanan lain besutannya, yakni WhatsApp.

Dengan kata lain, pesan yang dikirimkan para penggunanya hanya akan tersimpan pada perangkat sang pengirim dan penerima pesan saja bukan di server FB Messenger. Sehingga, diklaim bahkan pihak Facebook yang menyediakan layanan tersebut pun tak akan dapat membuka dan membaca pesan yang dikirimkan menggunakan FB Messenger.

FB Messenger Siapkan Enkripsi Guna Menjamin Keamanan Percakapan Para Penggunanya !

Selain itu, adapun ditur baru lainnya yang dikenal dengan nama Self-Destruct Message. Dengan fitur yang satu ini, pengguna FB Messenger dapat mengatur agar pesan yang dikirimkan dapat menghilang dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Menggunakan fitur tersebut, pengguna FB Messenger dapat mengatur menghilangnya pesan mulai dari jangka waktu 5 detik hingga 24 jam.

Langkah Facebook memberikan pengamanan ekstra dalam aplikasi FB Messenger tersebut, mencuat di tengah panasnya perdebatan tentang privasi diantara kalangan penegak hukum serta perusahaan teknologi. Pasalnya, di satu sisi pengguna akan menyukai kerahasiaan yang dimungkinkan oleh berbagai fitur keamanan seperti halnya enkripsi. Namun, disisi lainnya hal tersebut akan menyulitkan penegak hukum yang ingi memantau tindak kriminalitas yang berkomunikasi menggunakan layanan pesan instan.

Untuk saat ini, Facebook kabarnya hanya meluncurkan dua fitur keamanan tersebut untuk sejumlah pengguna yang terbatas. Hal tersebut tentu untuk lebih memaksimalkan fitur tersebut agar nantinya tak lagi mengalami masalah kala diluncurkan secara global. Keduanya juga diharapkan agar segera dapat dirilis dan digunakan semua pengguna FB Messenger dalam waktu dekat.

Baca Juga : FB Messenger Datang Suguhkan Fitur Baru, Apa Saja ? Ini dia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here