Bosan Jalan-jalan ke Tempat yang Sama? Coba Jelajahi Pulau Nias, Yuk!

0
2750

Buat Anda yang berjiwa petualang, musim liburan adalah waktu yang paling dinantikan. Sebab dengan waktu kosong ini, Anda dapat pergi ke berbagai macam tepat untuk mengeksplor keindahan di dalamnya. Namun bisa jadi juga, Anda yang berjiwa petualang akan bingung menentukan pilihan tempat wisata selanjutnya karena sebagian besar destinasi sudah pernah Anda kunjungi.

Jiwa petualang Anda pun membuat Anda enggan mendatangi beragam tempat yang terlalu mainstream dan selalu dipadati wisatawan. Jangan khawatir sebab nyatanya Indonesia masih memiliki segudang tempat wisata keren yang bisa Anda hampiri untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Pulau Nias yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Bagi pencinta pantai dan keindahan alam lainnya, Anda dijamin akan menyukai kawasan yang satu ini. Suasananya yang relatif belum terlalu ramai juga akan membuat liburan impian Anda lebih mudah terwujud. Penasaran objek wisata apa saja yang bisa Anda kunjungi di pulau yang eksotis ini? Yuk, simak beberapa objek wisata keren di Pulau Nias sebelum Anda mulai mencari tiket online untuk penerbangan ke pulau ini.

  1. Pantai Sorake

Pulau yang memiliki penduduk sekitar 700.000 jiwa ini memang memiliki banyak pantai yang layak Anda kunjungi. Namun sebelum ke mana-mana, tidak ada salahnya singgah terlebih dahulu Kabupaten Nias Selatan untuk berselancar di Pantai Sorake. Pantai yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Pantai ini pulalah yang membuat banyak orang yang jatuh cinta pada surfing rela mencari tiket online dengan harga terjangkau di berbagai agen travel online, seperti Traveloka. Maklum saja, jika hendak ke pulau ini, Anda harus melakukan dua kali penerbangan dengan pesawat sehingga biayanya memang lebih besar dibandingkan berwisata ke tempat lain.

Pantai Sorake memiliki ombak yang tinggi, namun ramah untuk diselancari. Karena ombak besarnya yang bisa mencapai 30 meter ini juga, Pantai Sorake dianggap sebagai tempat surfing nomor satu di dunia. Di kawasan ini, Anda juga bisa menginap di cottage yang berbentuk rumah adat Nias. Seru, bukan? Waktu terbaik untuk membeli tiket online guna terbang ke tempat ini adalah sekitaran bulan Juni-Agustus karena pada saat itulah, laut di pantai ini sedang berombak tinggi.

  1. Desa Bawomataluo

Pernah dengar akan tradisi lompat batu? Dulu di mata uang lembar Rp 1.000, ada sebuah gambar yang menunjukkan tradisi tersebut, yaitu saat seorang pria berbaju adat melompati sebuah batu yang tingginya melebihi badannya. Itu bukan mitos karena Anda dapat menyaksikannya langsung di Pulau Nias. Dulunya, lompat batu tersebut dianggap sebagai tradisi untuk menunjukkan seorang pria sudah dianggap dewasa atau belum. Namun sekarang,  lompat batu biasa digunakan untuk pertunjukan adat biasa. Tidak semua tempat di Pulau Nias masih mengagungkan tradisi ini. Namun, jika Anda pergi ke Desa Bawomataluo yag masih berada di Kabupaten Nias Selatan, Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Pada desa adat yang terbesar di Pulau Nias ini, Anda bukan hanya bisa menyaksikan para pemuda melompati tugu batu setinggi 2 meter lebih. Di luar itu, Anda juga dapat terkagum-kagum melihat betapa besar dan megahnya rumah raja yang terbuat dari kayu besar. Jika beruntung, Anda pun dapat menonton pertunjukan kesenian Nias yang super keren dan eksotis. Bagaimana, jadi semakin tertarik untuk segera mencari tiket online guna langsung berangkat ke pulau ini, bukan?

  1. Kawasan Megalitikum Orahili

 

Keeksotisan Nias tidak hanya bisa dilihat dari berjejernya pantai cantik yang ada di pulau ini. Jika memilih kawasan ini sebagai tempat berlibur, jangan lupa berjelajah ke daerah Gomo yang tidak terlalu jauh letaknya dari Bandara Binaka, Nias. Di sebuah desa yang bernama Orahili, Anda bisa menjumpai jejak peninggalan zaman megalitikum yang akan membuat Anda terperangah.

Meskipun kawasan ini agak sulit dijamah, Anda tidak akan kecewa begitu sampai di tempatnya. Di Desa Orahili, terdapat beragam peninggalan patung madu yang diprediksi berasal dari zaman Neolitikum, yakni sekitar 1.500 sebelum Masehi. Wow! Patung yang ada pun beraneka rupa, Anda yang berbentuk menhir, manusia, ataupun tugu batu tegak. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda akan serasa sedang berada di kawasan megalit suku Maya!

  1. Pantai Tureloto

 

Anda termasuk orang yang suka menjelajahi beragam pantai, namun tidak bisa berenang? Tenang saja, Pantai Tureloto akan memberikan panorama yang indah serta pengalaman liburan yang tiada dua karena keunikan air lautnya. Di sini, Anda yang tidak bisa berenang pun dapat mengapung di air karena kadar garam di Tureloto yang begitu tinggi. Bisa dikatakan, Tureloto adalah Laut Mati versi Indonesia.

Namun, bukan hanya keunikan ini yang membuat Pantai Tureloto layak Anda singgahi. Seperti pantai di Nias pada umumnya, kondisi Tureloto termasuk masih perawan karena belum banyak disinggahi orang. Selain mendapati pantai yang bersih dengan pasir yang lembut, Anda pun dijamin akan terpesona dengan taburan karang-karang besar yang menimbul di perairan sekitar pantai. Dijamin, foto yang Anda ambil di kawasan ini akan menghasilkan karya yang eksotis.

Masih banyak lagi destinasi di Pulau Nias yang amat layak Anda kunjungi selain empat objek wisata tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera cari tiket online termurah untuk menuju pulau yang super eksotis ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here