Bersiaplah dengan 7 Keajaiban Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Makassar!

    0
    4977
    7 Keajaiban Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Makassar

    Indonesia memang ajaib. Negara kepulauan yang membentang melewati garis katulistiwa ini memiliki keajaiban alam yang tak henti-hentinya mengejutkan siapa saja.

    Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang berada di Kabupaten Maros – kota Makassar adalah salah satu keajaiban di Indonesia yang harus Anda masukan dalam agenda wisata. Taman nasional ini memiliki 7 keajaiban yang siap membuat Anda terpukau.

    Siapkanlah tiket pesawat Sriwijaya Air tujuan Makassar untuk bisa melihat langsung keajaiban ini. Jangan lupa untuk memesan tiket via online travel agent, seperti Traveloka, agar Anda mendapatkan penawaran terbaik ke destinasi ajaib ini.

    Kerajaan Kupu-kupu di Bantimurung

    Bantimurung adalah salah satu rekomendasi unggulan wisata provinsi Sulawesi Selatan. Keajaiban yang ada di sini utamanya didatangkan dari serangga cantik bernama kupu-kupu. Di sini, terdapat ratusan spesies kupu-kupu yang hidup bebas dan subur dalam taman kupu-kupu yang dikelilingi oleh air terjun, sungai, danau, dan goa batu kapur. Anda bisa mendekatkan diri dengan kupu-kupu spesies endemik dan langka di sini, terutama melalui Museum Kupu-Kupunya.

    Taman Zaman Purba di Leang-leang

    Keajaiban satu ini menampilkan napak tilas nyata dari kehidupan manusia prasejarah di Tanah Air. Pada kawasan wisata ini, Anda bisa melihat langsung goa-goa yang dindingnya dihiasi lukisan telapak tangan manusia dan gambar babi rusa. Artefak di dalamnya juga menjadi bukti kebendaan tentang era kehidupan lampau tersebut. Lukisan berusia sekitar 5.000 tahun tersebut menjadi bukti sejarah penting dalam sebuah tempat tinggal manusia pada tahun 8.000-3000 SM. Keajaiban purba ini juga dibuat semakin memukai dengan panorama alam deretan tebing dan gunung batu yang berbentuk unik.

    Surga petualang di Pattunuang Asue

    Pattunuang Asue menjadi sebuah keajaiban yang tepat untuk para pecinta petualangan alam bebas. Kondisi alam di sini menjadikan wisawatan bisa melakukan aktivitas seru, seperti menaklukan goa vertikal dan horizontal, menyusuri sungai berbatu, panjat tebing batu kapur, mendaki perbukitan batu kapur, hingga berkemah menyatu dengan alam bebas yang dipenuhi flora dan fauna liar (bahkan langka, seperti Tarsius fuscus dan soa-soa) di habitat aslinya.

    Laboratorium alam di Karaenta

    Ajaibnya kawasan ini nampak seperti sebuah laboratorium berbentuk alam. Sebab, di sini Anda bisa melihat banyak flora dan fauna unik yang menjadi objek penelitian. Di kawasan ini, Anda bisa melihat monyet hitam Sulawesi beratraksi di tengah habit aslinya berdasarkan arahan dari petugas hutan.

    Goa Vertikal di Leang Pute

    Goa berbentuk vertikal selalu menjadi fenomena alam yang ajaib. Di Leang Pute, keajaiban alam ini terbentuk alami berkedalaman sekitar 263 meter. Goa selebar 50-80 meter ini tersambung dengan Goa Dinosaurus yang memiliki kedalaman sekitar 180 meter. Anda harus membekali diri dengan mental dan stamina yang kuat serta keterampilan khusus jika ingin menaklukan Leang Pute.

    Desa Wisata di Pegunungan Bulusaraung

    Gunung Bulusaraung menawarkan sebuah puncak yang siap menampilkan pemandangan alam yang magis. Apalagi dengan adanya desa wisata Tompobulu di sekitarnya. Desa ini dihuni oleh masyarakat berkebudayaan Bugis-Makassar yang masih menjaga nilai leluhur serta hidup berdampingan dengan alamnya.

    Pemandian Alam di Leang Londrong

    Pemandian alam ini ajaib karena air sungainya mengalir dari Goa Leang Londrong yang berada di bawah tebing batu kapur. Sungainya mengalir sepanjang tahun dan sangat menyegarkan untuk dinikmati oleh tubuh kita. Selagi bermain air, kita juga bisa berkenalan dengan flora dan fauna cantik di sekitar.

     

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY