Yuk!! Mengenal Resolusi Layar Ponsel atau Smartphone

0
1663
Yuk!! Mengenal Resolusi Layar Ponsel atau Smartphone

Info Gadget Terbaru – Setiap smartphone atau ponsel pasti memiliki resolusi layar, namun setiap resolusi layar ponsel tersebut sangat berbeda-beda, ada yang memiliki resolusi qHD 960×540, ada juga yang Full HD 1920×1080, dan masih banyak juga resolusi lainnya yang sesuai dengan perangkat ponsel. Namun tahukah anda arti dari ukuran resolusi layar ponsel tersebut? Jika jawaban anda belum, maka pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi pada anda semua tentang resolusi layar ponsel lebih detailnya. Yuk,, langsung saja perhatikan uraian dibawah ini.

Yuk!! Mengenal Resolusi Layar Ponsel atau Smartphone

  • FHD (Full High Definition)

Adalah sebuah resolusi smartphone dengan ukuran yang paling tinggi dengan ukuran 1920×1080, kebanyakan resolusi Full HD atau yang FHD ini digunakan untuk smartphone kelas atas.

  • HD (High Definition)

Adalah resolusi yang sudah umum digunakan untuk layar smartphone, HD atau High Definition ini memiliki ukuran yang cukup tinggi, yakni 720×1280.

  • qHD (Quarter of a Full HD)

Resolusi qHD ini memiliki ukuran setengah dari Full HD dengan ukuran 960×540. Saat ini jenis resolusi qHD ini sudah banyak digunakan untuk smartphone.

  • WVGA (Wide Video Graphic Array)

Adalah ukuran resolusi yang saat ini banyak digunakan untuk smartphone kelas menengah. WVGA ini memiliki ukuran 800×480.

  • WXGA (Wide Extended Graphic Array)

WXGA atau Wide XGA, adalah sebuah resolusi XGA yang diperlebar, salah satu smartphone saat ini yang menggunakan resolusi layar WXGA adalah Samsung Galaxy Note.

  • DVGA (Double Video Graphic Array)

Adalah salah satu jenis resolusi layar yang digunakan oleh Apple untuk perangkat iPhone-nya (iPhone 4 dan iPhone 5), dan Apple juga menyebutnya sebagai Retina Display. Ukuran dari jenis resolusi layar tersebut adalah 960×640.

  • HVGA (Half Video Graphic Array)

HVGA atau Half VGA yang berarti setengah dari VGA. Sejatinya HVGA memiliki beberapa jenis ukuran resolusi layar, namun yang umum digunakan adalah 320×480.

  • WQVGA (Wide Quarter Video Graphic Array)

WQVGA pada dasarnya sama seperti resolusi QVGA, cuma lebih besar dengan ukuran 240×432, untuk tingginya pun masih sama dengan QVGA, yakni 240. Resolusi WQVGA tersebut juga kebanyakan digunakan untuk ponsel kelas menengah kebawah.

  • QVGA (Quarter Video Graphic Array)

Adalah sebuah resolusi yang bisanya digunakan untuk ukuran ponsel biasa atau kelas menengah kebawah. QVGA ini merupakan sebuah resolusi dengan ukuran paling rendah sendiri, karena ukuran yang dimilikinya hanya seperempat dari VGA (Video Graphic Array) yang berukuran 480×640, yakni 240×320.

Demikian info yang sapat saya sampainakan mengenai penjelasan tentang ukuran resolusi layar ponsel atau smartphone. Semoga info diatas bisa bermanfaat buat anda semua. Jika anda tidak keberatan, bagikan juga artikel ini pada saudara atau sahabat anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here