Menkominfo Targetkan Internet Cepat Akan Merata Pada Tahun 2019 Mendatang !

0
701
Menkominfo Targetkan Internet Cepat Akan Merata Pada Tahun 2019 Mendatang !

Menkominfo Pasang Target Tahun 2019 Internet Cepat Akan Merata Di Tanah Air

Smeaker.comKementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) beberapa waktu lalu meluncurkan pernyataan, tentang target mereka menghadirkan koneksi internet cepat yang merata untuk seluruh rakyat Indonesia pada tahun 2019 mendatang. Hal tersebut seperti yang disuarakan Menkominfo Rudiantara di Batam, Kepulauan Riau pada hari Rabu 15 Juni 2016 kemarin. Ia mengatakan jika semua kabupaten kota pada tahun 2019 mendatang siap untuk terhubung dengan broadband dengan kecepatan yang sama rata.

Seperti yang diketahui jika dari 514 kabupaten yang dicatat Menkominfo yang tersebar diseluruh Indonesia, terhitung baru hanya ada sekitar 400 kabupaten kota yang telah trehubung dengan akses internet cepat. Sedangkan untuk 114 kota lainnya diketahui belum dapat terhubung dengan baik. Terlebih lagi selain belum menjangkau seluruh kawasan Indonesia, harga aksesnya pun tiap daerah masih belum sama rata.

Untuk itu, dalam pernyataannya tersebut ia mengatakan jika pemerintah akan turun langsung untuk ikut mengawasi pembangunan infrastruktur pita lebar dalam sebuah proyek Palapa Ring. Hal tersebut dikarenakan operator seluler yang memang tak akan sanggup untuk melayani seluruhnya.

Menkominfo Targetkan Internet Cepat Akan Merata Pada Tahun 2019 Mendatang !

Menkominfo yang juga kerap dipanggil dengan nama Chief RA itu juga mengaku optimis,  akselerasi pertumbuhan serta pemetaan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi teresebut, bakal dapat menjangkau serta meningkatkan akses informasi yang mudah untuk seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, proyek Palapa Ring sendiri diketahui terbagi menjadi tiga bagian. Yakni Paket Barat yang terdiri dari Bengkalis dan Kepulauan Meranti di Provinsi Riau, Natuna, Lingga serta Kepulauan Anambas yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan Palapa Ring Tengah melayani 17 kabupaten kota dan Palapa Ring Timur, bakal melayani 35 kabupaten kota lainnya.

Ketiga paket proyek Palapa Ring tersebut ditargetkan akan segera diselesaikan pada tahun 2018 mendatang. Dengan begitu, pemerintah berharap semua komponen masyarakat akan mendapatkan akses informasi yang lebih baik dan dapat diandalkan.

Baca Juga : Dilelang Rp 125 Juta Per Unit, Mobil Internet Kemenkominfo (MPLIK) Banyak Yang Rusak Terbengkalai !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here