Karl Landsteiner ‘Penemu Golongan Darah’ Hadir Di Laman Depan Google Hari Ini Peringati Ultahnya Yang ke-148 !

0
1000
Karl Landsteiner 'Penemu Golongan Darah' Hadir Di Laman Depan Google Hari Ini Peringati Ultahnya Yang ke-148 !

Google Doodle Peringati Hari Lahir Karl Landsteiner, Sang Penemu Golongan Darah !

Smeaker.comTepat hari ini tanggal 14 Juni 2016, Google kembali ikut merayakan hari bersejarah dengan mengganti logo yang tertera pada laman utamanya dengan sebuah Doodle art dari tokoh ternama. Karl Landsteiner, merupakan ilmuan asal Austria yang hari ini mengisi laman paling depan mesin pencari terbesar di dunia saat ini tersebut. Lantas, siapakah Karl Landsteiner ?

Karl Landsteiner, merupakah seorang ilmuan asal Austria yang diketahui sebagai penemu dari golongan darah manusia yang kini dikenal dengan golongan O, A, B, dan AB. Google Doodle hari ini memperingati hari lahir Karl Landsteiner yang ke-148, setelah lahir pada tanggal 14 Juni 1869 silam di Wina. Mengapa Google Doodle hari ini memberikan penghormatan terbesarya tersebut dengan memasang gambar Karl Landsteiner di laman utamanya?

Yups, tentu sebab penemuan Karl Landsteiner tentang empat golongan darah tersebut yang akhirnya kini memudahkan ilmu kedokteran dalam melakukan transfuse darah. Sebab, seperti diketahui memang tak sembarang golongan darah akan dapat didonorkan kepada sembarang orang.

Karl Landsteiner juga dikenal sebagai ahli biologi yang memulai karir cemerlangnya di Universitas Wina, sebelum akhirnya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1922. Setelah itu, Karl Landsteiner menjelma menjadi orang yang sangat penting dengan berbagai pengetahuannya, Karl Landsteiner menjadi peneliti senior pada Rockefeller Institute of Medical Research.

Karl Landsteiner 'Penemu Golongan Darah' Hadir Di Laman Depan Google Hari Ini Peringati Ultahnya Yang ke-148 !

Selain berjasa besar dalam menemukan golongan darah, Karl Landsteiner juga dikenal sebagai penemu virus polio serta serum darah. Berkat penemuan teresebut, Karl Landsteiner sekaligus menandai perkembangan baru di dalam dunia kedokteran, khususnya dalam hal transfuse darah.

Semasa karirnya, Karl Landsteiner juga diketahui banyak menerima berbagai penghargaan. Salah satunya, Karl Landsteiner sempat menerima penghargaan Aronzon Prize, yakni sebuah penghargaan di bidang mikrobiologi yang ia peroleh pada tahun 1926 silam. Selain itu, pada tahun 1930 Karl Landsteiner juga kembali memperoleh penghargaan sebuah Nobel dalam bidang kedokteran.

Tak hanya semasa hidup, bahkan etelah Karl Landsteiner meninggal pada tanggal 26 Juni 1943 di New York, pemerintah Austria menyematkan sosok Karl Landsteiner pada pecahan uang 1000 Schilling pada tahun 1997 silam. Terlebih, Karl Landsteiner juga diketahui pernah menjadi foto perangko di Negara asalnya, Austria.

Baca Juga : Video Youtube Tentang Animasi Siluet Jadi Google Doodle Kala Peringati Hari Lahir Lotte Reiniger !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here