Sudah Merasa Tak Aman, Twitter Himbau Penggunanya Segera Ganti Password !

0
851
Sudah Merasa Tak Aman, Twitter Himbau Penggunanya Segera Ganti Password !

Twitter Layangkan Pengumuman Untuk Para Penggunanya Ganti Password Akun !

Smeaker.comMenindak lanjuti insiden peretasan yang diterima Twitter beberapa waktu lalu, Twitter kali ini menyebarkan pemberitahuan penting untuk jutaan penggunanya di seluruh penjuruh dunia. Isi pesan yang disampaikan Twitter tak lain ialah himbauan untuk para penggunanya segera mengganti password mereka. Pasalnya, Twitter menyatakan jika ada saja kemungkinan jutaan username dan password akun Twitter yang mereka gunakan telah dibobol dan diperdagangkan.

Meski begitu, tak ada keterangan rinci tentang berapa juta tepatnya pengguna yang telah menerima pesan tersebut. Yang terakhir, jumlahnya diklaim mencapai hingga angka 32 juta akun Twitter yang telah berhasil diretas. Namun, bantahan meluncur dari Trust and Information Security Officer Twitter, Michael Coates. Ia membanth jika sistem keamanan yang digunakan Twitter mempunyai celah, sebab jutaan akun Twitter yang dicuri bukanlah berasal dari komputer Twitter.

Pernyataan tersebut mendapatkan dukungan dari analis keamanan LeakedSource. Mereka menyatakan jika memang bukanlah Twitter yang diretas, namun akun pengguna yang berhasil dibobol para hacker tersebut. Sementara seperti yang diketahui, dalang dibalik layar insiden peretasan pada jutaan akun Twitter kali ini diketahui sebagai Tessa88 asal Rusia. Selain itu, ialah yang juga bertanggung jawab atas peretasan jutaan MySpace, LinkedIn, serta Tumblr belakangan ini.

Sudah Merasa Tak Aman, Twitter Himbau Penggunanya Segera Ganti Password !

LinkedSource berpendapat, Tessa88 memanfaatkan malware yang ia kirimkan ke perangkat penggunanya. Kemudian, dari hal tersebut peramban akan kembalidari perangkat dengan membawa semua username dan password dari berbagai situs. Sialnya, Twitter merupakan salah satu situs yang dapat diakses penggunanya lewat peramban. Sedangkan situs-situs lainnya yakni LinkedIn, Tumblr, dan MySpace.

Hingga sejauh ini, kabarnya di database Tessa88 telah menghimpun hingga sekitar 1,8 Juta akun lintas layanan yang diamankannya. Khususnya pada Twitter, jutaan akun yang dipegang Tessa88 diperdagangkan dengan nilai per akunnya 10 bitcoin atau setara dengan sekitar Rp 77,6 juta jika dinominalkan.

Baca Juga : Twitter Dibobol, Hacker Perdagangkan Jutaan Data Pengguna !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here