Wow, , Xiaomi  Beli 1.500 Hak Paten Dari Microsoft !

0
1301
Wow, , Xiaomi  Beli 1.500 Hak Paten Dari Microsoft !

Xiaomi Buat Langkah Besar, Microsoft Jual Hingga 1.500 Hak Paten Ke Xiaomi !

Smeaker.comHampir sebanyak 1.500 paten milik perusahaan software raksasa, Microsoft kabarnya dijual ke vendor smartphone asal China, Xiaomi. Seperti yang disampaikan The Reuters pada Rabu 1 Juni 2016, Xiaomi secara resmi membeli sejumlah hak paten Microsoft yang berkaitan dengan teknologi komunikasi wireless, video, cloud serta multimedia.

Dengan langkah ini, tentunya akan menjadi kerjasama jangka panjang yang akan melibatkan Microsoft dan Xiaomi. Selain pembelian hak paten serta kesempatan untuk meluncurkan licensi silang, Xiaomi juga bakal terikat dengan komitmen untuk menginstall software Microsoft, termasuk Skype dan Office di ponsel serta tablet yang natinya diproduksi oleh Xiaomi.

Namun, keduanya masih saja bungkam tentang berapa nilai yang tercipta dari hasil kesepatakan tersebut. Baik Microsoft ataupun Xiaomi menolak untuk menyebutkan nilai jual beli hak paten yang melibatkan kedua vendor ternama tersebut. Menurut pendapat sejumlah analis, ambisi Xiaomi untuk menjadi salah satu pemain besat di luar dari Negara China sebenarnya masih terganjal oleh lemahnya perlindungan terhadap paten. Selain itu, kekawatiran akan potensi tersandung hukum tampaknya juga akan menjadi faktor penghambat yang seharusnya segera ditangani Xiaomi.

Wow, , Xiaomi  Beli 1.500 Hak Paten Dari Microsoft !

Dengan merealisasikan kesepakatan ini, tentunya akan berpengaruh memberikan cukup perlindungan paten untuk memasuki pasar yang lebih luas di sejumlah Negara di Eropa dan Amerika. Seperti yang diketahui, banyaknya vendor low end baru yang terus tumbuh di China dan kian membombardir Xiaomi. Akhirnya memaksa vendor smartphone yang tengah berkembang pesat tersebut untuk memperluas daerah ‘jarahan’ mereka keluar dari pasar China.

Berdasarkan data yang didapat dari Strategy Alalistics, pengapalan ponsel Xiaomi di China mengalami penurununan setiap tahunnya hingga sebanyak 9 persen. Sedangkan untuk pangsa pasarnya, Xiaomi mengalami penurunan hingga 12 persen dari yang sebelumnya 13 persen. Tekanan yang diterima Xiaomi pun tak hanya datang dari sesame vendor asal China seperti halnya Huawei, namun juga Samsung Electronics. Bahkan sejumlah pemain yang masih terbilang kecil seperti halnya Oppo dan Vivo pun terus menunjukkan eksistensinya untuk menekan dominasi yang dimiliki Xiaomi saat ini.

Baca Juga : Xiaomi Sukses Jadi ‘Momok’ Tak Terkalahkan Dan Buat Apple Dan Samsung ‘Loyo’ Di China !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY