Tak Mau Bayar Pajak, Kantor Google Digerebek dan Disegel Oleh Polisi !

0
1116
Tak Mau Bayar Pajak, Kantor Google Digerebek dan Disegel Oleh Polisi !

Kembali Berurusan Dengan Hukum, Kantor Google Di Paris Disegel Polisi ! Kenapa ?

Smeaker.comMarkas Google yang berada di Paris, Perancis harus berurusan dengan kepolisain setempat dan terpaksa berhenti beroperasi. Pasalnya pada hari Selasa pagi 24 Maret 2016 kemarin waktu setempat, tim kepolisian dan penyidik melakukan penggerebekan pada kantor yang terletak di dekat dari Stasiun Kereta Api Gare Saint-Lazare tersebut.

Ratusan karyawan Google yang sedang bekerja pun ikut menjadi saksi penyegelan yang dilakukan pihak kepolisian tersebut. Bagaimana tidak, hal tersebut merupakan kosekuensi yang harus diterima Google setelah salah satu perusahaan terbesar di dunia tersebut enggan untuk membayar pajak yang telah ditetapkan pihak pemerintah Perancis.

Sebelumnya, diketahui pemerintah Perancis meminta Google untuk membayar pajak serta denda dengan nilai hingga mencapai 1,12 miliar dollar AS. Angka tersebut setara dengan sekitar Rp 15,2 triliun jika dinominalkan dalam mata uang tanah air. Nilai tersebut tampaknya dianggap adil jika menghitung pendapatan yang diperoleh Google di Negara yang terkenal dengan Menara Eiffel tersebut. Namun, sangat disayangkan Google dianggap kurang cepat merespon permintaan pemerintah tersebut.

Tak Mau Bayar Pajak, Kantor Google Digerebek dan Disegel Oleh Polisi !

Sebagai informasi, hal ini bukanlah menjadi kali pertamanya Google mengalami permasalahan pajak dengan pemerintah Perancis. Sebelumnya, Google pada bulan Juni 2011 lalu juga sempat diawasi pemerintah Perancis karena disinyalir melakukan transaksi transfer bisnis di Perancis ke Irlandia. Sedangkan untuk kasus kedua kali ini, kabarnya memang telah terbaca  sejak bulan Februari lalu. Bahkan CEO Sundar Pichai sudah pernah menyinggung soal perpajakan yang ada di Perancis tersebut.

Menurutnya, Google sebagai perusahaan global yang besar memang wajib mematuhi ketentuan pajak dimana ia berada. Hanya saja, Pichai menyarankan pemerintah untuk membuat aturan yang lebih sederhana terkait dengan hal tersebut. Bahkan tak hanya di Perancis, Google juga sempat diisukan mempunyai masalah yang sama terkait masalah pajak. Kementerian dan Informasi (Kemenkominfo) bahkan telah menuntut agar Google segera membuat Badan Usaha Tetap (BUT) yang ada di tanah air.

Baca Juga : Siap Saingi Microsoft, Google Resmi Hadirkan Laptop Chrome Berbasis Linux !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here