Sosok Pencipta Angklung Diatonis Daeng Soetigna Hadir Jadi Laman Depan Mesin Pencari Google Hari Ini !

0
1034
Sosok Pencipta Angklung Diatonis Daeng Soetigna Hadir Jadi Laman Depan Mesin Pencari Google Hari Ini !

Daeng Soetigna, Sang Penemu Angklung Diatonis Hadir Meriahkan Google Hari Ini !

Smeaker.comSiapa yang tak kenal dengan seorang Daeng Soetigna, terlebih jika kamu seorang masyarakat Sunda pasti paham dengan sosok seniman kondang yang menemukan musik angklung diatonis yang satu ini. Pada tahun 1968 silam, beliau menerima anugerah berupa Satya Lencana Kebudayaan yang diberikan oleh Presiden Soeharto. Sedangkan Anugerah Bintang Budaya Parama Dharma jika diterima Daeng Soetigna pada tahun 2007 silam dari Presiden kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Daeng Soetigna lahir di Garut, Jawa Barat pada tanggal 13 Mei 1908 silam. Seperti yang diketahui, sejak masih menjadi Daeng Soetigna kecil beliau memang telah menggemari alat musik angklung. Setelah lulus dari Kweekschool pada tahun 1928, Daeng Soetigna mengajar di Schakel School Cianjur, Jawa Barat. Setelah berjalan sekitar 4 tahun dari tahun 1928 hingga 1932, Daeng Soetigna kemudian pindah untuk mengajar di HIS Kuningan, Jawa Barat pada tahun 1932 hingga 1942. Kala mengajar di Kuningan inilah, ia akhirnya mempelajari tentang seluk beluk angklung secara lebih mendalam.

Daeng Soetigna yang lebih akrab dikenal dengan nama panggilan Encle tersebut juga dikenal sebagai seorang penemu musik angklung diatonis. Awal mulanya, hal tersebut terjadi kala dua orang pengamen yang datang kerumahnya di Kuningan, Jawa Barat pada tahun 1938 dengan memainkan angklung pentatonis.

Sosok Pencipta Angklung Diatonis Daeng Soetigna Hadir Jadi Laman Depan Mesin Pencari Google Hari Ini !

Bunyi angklung yang akhirnya membuat hatinya bergetar tersebut akhirnya membuat Daeng Soetigna untuk tertarik membeli angklung pentatonis tersebut. Namun, ketika angklung tersebut berada ditangannya pikiran Daeng Soetigna pun langsung bekerja dan berkeinginan untuk membuat angklung diatonis. Namun Daeng Soetigna yang secara teknis tidak bisa membuat angklung, akhirnya mulai belajar kepada pakarnya yang bernama Djaya.

Atas jasa-jasanya mengembangkan musik angklung, Daeng Soetigna yang pernah mendapatkan tugas untuk belajar Colombo Plan ke Australia pada tahun 1955 hingga 1956 tesebut mendapatkan sejumlah penghargaan antara lainnya.

  • Piagam Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat tahun 1966
  • Piagam Penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta tahun 1968
  • Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Soeharto tahun 1968
  • Anugerah Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2007, bahkan Daeng Soetigna juga diusulkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Jawa Barat dalam bidang Seni dan Budaya.

Baca Juga : Samaun Samadikun Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini, Bapak Mikroelektronika Yang Punya Pengaruh Besar Di Indonesia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here