FB (Facebook) Bantah Lakukan Diskriminasi Konten Saat Menangkan Gugatan Atas Face Book !

0
1673
FB (Facebook) Bantah Lakukan Diskriminasi Konten Saat Menangkan Gugatan Atas Face Book !

FB (Facebook) Luncurkan Pernyataan Tentang Tuduhan Diskriminasi Konten !

Smeaker.comFB mendapatkan tuduhan melakukan pencekalan berita bermuatan konservatif untuk dapat masuk sebagai trending topic. Hal tersebutlah yang membuat anda tidak pernah menemukan meme atau konten bernada rasis atau tautan ke artikel faktual di trending topic, meskipun banyak teman FB anda yang membanjiri beranda FB dengan konten jenis tersebut.

Tuduhan tersebut pertama kali mencuat setelah adanya seorang mantan kurator FB yang membocorkan kecurangan yang dilakukan FB tersebut. Mantan kurator yang juga merupakan seorang mantan jurnalis tersebut juga menolak untuk menyebutkan identitasnya ketika menyampaikan informasi tersebut ke sebuah blog khusus informasi sains dan teknologi bernama Gizmodo.

Sang kurator tersebut bahkan menceritakan secara detail jika dirinya pernah menjadi petugas yang mengatasi bagian trendic topic FB. Ia menjelaskan tentang bagaimana berita tentang Partai Konservatif Amerika Serikat (AS) yang sebelumnya memang menjadi buah bibir, secara sengaja ditutup-tutupi serta tak dijadikan trending topic di linimasa FB.

Menanggapi hal tersebut dengan  serius, FB meluncurkan pernyataan resminya seperti dilansir Ema O-Connor selaku wartawan BuzzFeed News. Melalui akun twitternya pihak FB menengaskan jika mereka tidak pernah melakukan Deskriminasi  terhadap siapapun dengan latar belakang politik apapun. Pihak FB juga mengatakan bahwa mereka mempunyai pedoman yang tegas untuk memastikan kurator bekerja secara konsisten dan netral.

FB (Facebook) Bantah Lakukan Diskriminasi Konten Saat Menangkan Gugatan Atas Face Book !

Namun, menurut The Verge pernyataan yang ditunjukkan FB tersebut patut untuk diragukan. Pasalnya, dalam pernyataannya tersebut pihak FB menulis tentang para kuraot berita FB yang diperintahkan untuk menghindari segala berita tentang FB. Konten tentang FB memang tak pernah muncul di Treding Topic, namun setelah tuduhan deskrimimasi tersebut mencuat ke publik kisah tentang FB tersebut pun ikut masuk dalam trending topic beberapa jam kemudian.

Menelisik lebih lanjut tentang informasi yang diterima The Verge, FB tidak melakukan pembantahan secara tegas bahwa sensor cekal tersebut hanya dilakukan para awak kurator. Bahkan menurut bocoran yang diberikan esk kurator FB tersebut, trending topic pada FB selama ini masih dijalankan secara manual oleh para kurator yang kebanyakan bekas jurnalis tersebut.

Baca Juga : Kenapa Posting Foto Bayi Di FB Bisa Kena Denda Rp 672 Juta ? Ini Dia Alasannya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here