Kenapa Posting Foto Bayi Di FB Bisa Kena Denda Rp 672 Juta ? Ini Dia Alasannya !

0
1741
Kenapa Posting Foto Bayi Di FB Bisa Kena Denda Rp 672 Juta ? Ini Dia Alasannya !

Posting Foto Bayi Di FB Kena Denda Rp 672 Juta, Kok Bisa ?

Smeaker.comKamu sebagai salah satu orangtua muda yang masih mempunyai hobi berselancar di media sosial dan memposting foto-foto sang buah hati ? Jika memang iya, sebaiknya kamu jangan pernah pergi ke Perancis. Pasalnya, kabarnya kini pemerintah Negara Perancis tengah mempersiapkan aturan denda hingga hukuman penjara untuk orangtua yang mengunggah foto-foto anak kecil ke media sosial FB atau lainnya. Tapi kenapa ya?

Menurut pihak kepolisian Perancis, hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran privasi anak yang bukan tidak mungkin akan dapat menjadi ancaman untuk anak itu sendiri. Seperti yang kita tahu, pada jaman sekarang memang lebih banyak sekali kasus kejahatan anak yang menyangkut pelecehan dengan berawal dari foto-foto anak yang berada di media sosial FB dan lain sebagainya.

Selain itu, jika si anak tersebut nantinya sudah dewasa dan merasa malu terhadap foto yang diposting orangtuanya tersebut di FB atau media sosial lainnya saat kecil, si anak pun mempunyai wewenang untuk menggugat serta membawa kasusnya tersebut ke pengadilan. Sedangkan pada hukum Perancis sendiri mengatakan, pemerintah akan menetapkan vonis denda hingga mencapai 35 GBP atau setara dengan sekitar 672 juta rupiah jika mengunggah foto anak tanpa izin.

Kenapa Posting Foto Bayi Di FB Bisa Kena Denda Rp 672 Juta ? Ini Dia Alasannya !

Namun, rupanya Perancis memang bukanlah Negara pertama yang menerapkan sistem tersebut. Perancis diketahui meniru langkah Jerman yang lebih dulu menerapkan peraturan serupa. Seperti yang kita tahu, Jerman memanglah merupakan Negara yang sangat menjaga privasi anak-anak yang berada di negaranya.

Bicara tentang hobi memposting foto anak ke media sosial FB dan lainnya, ternyata tidak hanya trjadi di tanah air saja. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nominet di Inggris tahun lalu mengemukakan fakta, jika setiap orangtua di Inggris memposting hampir 200 foto anak-anak mereka yang masih berusia kurang dari 5 tahun di media sosial. Dengan fakta tersebut, setidaknya jika dihitung kasar bisa saja setiap nalita mempunyai hingga 1.000 foto mereka yang banyak tersebar secara online bahkan sebelum mereka memasuki masa Taman Kanak-Kanak (TK).

Baca Juga : FB (Facebook) Dan Instagram Sering Bikin Penggunanya Depresi, Kok Bisa ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here