Tak Berikan Akses Privasi, WhatsApp Sempat Diblokir Di Brazil !

0
831
Tak Berikan Akses Privasi, WhatsApp Sempat Diblokir Di Brazil !

Lindungi Privasi Penggunanya, WhatsApp Sempat DiBlokir Di Brazil !

Smeaker.com – Aplikasi perpesanan WhatsApp, kabarnya kini sedang diblokir oleh pemerintah Brazil selama 72 jam, terhitung sajak tanggal 2 Mei 2016 siang waktu setempat. Hal tersebut dilakukan lantaran pihak WhatsApp menolak untuk memberikan data penggunanya kepada pemerintah Brazil yang akan menggunakannya sebagai penyelidikan tindak kriminal.

Caerita tersebut sebenarnya berawal dari tahun 2013 lalu, pemerintah Brazil berniat untuk membuka data pengguna WhatsApp sebagai tindakan untuk melakukan penyelidikan aksi criminal online. Namun, dengan sistem enkripsi yang digunakan aplikasi WhatsApp tersebut, pemerintah pun akhirnya tidak dapat membuka data-data dari pengguna WhatsApp dari luar.

Hal itu berlanjut dengan diadakannya persidangan yang digelar pada tanggal 26 April silam. Dari putusan persidangan tersebut, hakim Marcel Montavao yang menjadi pengadil menyampaikan permintaan untuk operator seluler Brazil melakukan pemblokiran pada WhatsApp. Dalam pernyataannya tersebut, Montavao meminta agar lima oprator telekomunikasi utama Brazil memblokir akses ke WhatsApp selama 72 jam.

Tak Berikan Akses Privasi, WhatsApp Sempat Diblokir Di Brazil !

Pemerintah Brazil bahkan melayangkan ancaman untuk operator yang melanggar perintah tersebut dengan sanksi denda hingga senilai 500.000 real atau sekitar 140.000 dollar Amerika serikat. Jumlah tersebut setara dengan Rp 1,8 Miliar juga dimata-uangkan dalam bentuk rupiah.

Sementara itu, sebenarnya kejadian tersebut bukanlah terjadi untuk yang pertama kali. Sebelumnya, WhatsApp juga pernah berada pada situasi yang sama pada bulan Desember tahun 2015 silam. Pihak WhatsApp dengan kukuh tetap menolak memberikan data kepada pemerintah Brazil untuk keperluan penyelidikan. Hingga akhirnya, pemerintah memberikan hukuman dengan memblokir WhatsApp dengan jangka waktu selama 48 jam.

Namun, hal itu justru menyulut amarah masyarakat yang melakukan pemblokiran terhadap salah satu aplikasi pesan instan yang memang paling banyak digunakan tersebut. Setelah deretan kekecewaan yang dilayangkan masyarakat diberbagai media sosial tersebut, akhirnya pemerintah bersedia untuk membuka pemblokiran WhatsApp yang kala itu baru berlangsung selama 12 jam. Pemerintah pun kemudia kembali berjalan dengan efektif.

Baca Juga : WhatsApp Semakin Update, Apa Sih Yang Kian Membuat Aplikasi Ini Istimewa ? Ini Dia Alasannya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here