Data Dan Fakta Unik Mengenai Claude Shannon, Sosok Teknisi Yang Hadir Sebagai Google Doodle Hari Ini !

0
1402
Data Dan Fakta Unik Mengenai Claude Shannon, Sosok Teknisi Yang Hadir Sebagai Google Doodle Hari Ini !

Google Doodle Peringati Hari Lahir Claude Shannon ? Siapa dia ?

Smeaker.com Claude Shannon, atau yang bernama lengkap Claude Elwood Shannon lahir di Petoskey, Michigan, pada tanggal 30 April 1916 silam. Ayahnya Claude Sr, merupakan seorang keturunan New Jersey yang juga seorang pelaku bisnis dan juga hakim. Sedangkan sang Ibu, Mabel Wolf Shannon merupakan seorang putri dari imigran Jerman. Ibu Claude Shannon adalah seorang guru bahasa yang beberapa tahun menjadi Kepala Sekolah Menengah Gaylord, di Gaylord, Michigan.

Terlahir sebagai anak laki-laki, Claude Shannon menunjukkan minatnya kepada hal-hal yang bersifat mekanik. Ditunjang dengan pemikirannya yang cerdas, mata pelajaran terbaiknya ialah ilmu pengetahuan alam dan juga matematika. Bukan hanya itu, di rumah Claude Shannon muda juga kerap membuat alat seperti model pesawat dan model perahu yang ia kendalikan melalui isyarat radio dan telegraf untuk rumah temannya yang terletak berjarak setengah mil.

Msuk Universitas Michigan pada tahun 1932, Claude Shannon lulus serta mendapatkan derajat Sarjana Muda Teknik Elektro dan Sarjana Muda Matematika. Gelar rangkap yang didapatkannya tersebut secara langsung juga menunjukkan minatnya terhadap rangcangbangun dan juga ilmu matematika yang ia lanjutkan selama kariernya.

Data Dan Fakta Unik Mengenai Claude Shannon, Sosok Teknisi Yang Hadir Sebagai Google Doodle Hari Ini !

Claude Shannon juga dikenal sebagai ahli teknik dan matematikawan yang semasa hidupnya sangat terkenal dengan ilmu matematikanya untuk bidang komunikasi. Sehingga, akhirnya ia menerapkan ilmu matematikanya untuk digunakan pada komputer.

Bahkan dalam sejarah, Claude Shannon juga dikenal sebagai bapak teori informasi. Claude Shannon menggabungkan teori matematika yang dipelajarinya dengan prinsip rekayasa yang akhirnya menjadi panggung untuk pengembangan koputer digital serta revolusi digital modern.

Fakta yang menarik dari seorang Claude Shannon, ia juga terkenal karena mampunyai teori informasi yang didirikan dengan kertas tengara yang ia terbitkan pada tahun 1948 silam. Selain itu, Claude Shannon juga dikenal sebagai pendiri kedua computer digital dan teori desain sirkuit digital pada tahun 1937 silam. Kala itu, Claude Shannon bahkan masih sebagai mahasiswa bergelar master pada usia 21 tahun di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Baca Juga : Samaun Samadikun Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini, Bapak Mikroelektronika Yang Punya Pengaruh Besar Di Indonesia !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY