Benarkah Android Hasil Saduran Dari iPhone?

0
787
Android vs Apple
Android vs Apple ( foto : pocketablet )

Android dan iOS, bisa dibilang sebagai dua saingan ketat sebagai platform Smart Phone. namun akhir-akhir ini, muncul desas-desus mengenai Google yang menjiplak iPhone pada saat merancang Android. Entah datang dari mana,  kabar ini mulai menyebar dengan cepat dan menjadi bahan perbincangan publik, benarkah Android terispirasi dari iPhone?

Dalam buku berjudul “In The Plex: How Google Thinks, Works, and Shapes Our Lives” yang dikutip OSNews oleh situs jeruknipis, dikisahkan bahwa Google pernah mengerjakan dua proyek smartphone Android di tahun 2006-2007. Proyek tersebut adalah Google Sooner yang dipimpin Steven Troughton-Smith di mana konsepnya mirip dengan BlackBerry dan Google Dream yang menjadi cikal-bakal Android sekarang ini.

Saat itu, proyek Sooner diwujudkan dalam seri HTC EXCA 300.  Seharusnya, smartphone ini diluncurkan 15 Mei 2007 beberapa bulan sebelum iPhone diluncurkan.

Kemudian, para pengembang Sooner mengangap proyek ini sebuah kesalahan, kemudian membatalkannya dan fokus terhadap proyek Dream yang dianggap lebih sesuai untuk masa depan, dan menjadi cikal-bakal Android saat ini. Akhirnya proyek ini membuahkan HTC Dream alias G! yang menjadi Smartphone Android pertama di Dunia.

Menurut Dianne Hackborn, mantan tim pengembang Google, digagalkannya proyek Sooner bukan karena adanya iPhone. Dia mengklaim bahwa keputusan itu diambil sebelum iPhone diumumkan.

“Aku tidak ingat kapan tanggalnya, tetapi aku sangat percaya bahwa keputusan untuk menggagalkan proyek Sooner terjadi sebelum iPhone keluar,” tandas Hackborn.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here